Skip to main content

Rekomendasi Spesifikasi HP Android Terbaik di Tahun 2022

Saat ini, smartphone atau handphone pintar telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Handphone (HP) sekarang tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan HP misalnya belajar, bekerja, atau sarana hiburan seperti bermain game dan memutar musik/film.

Di pasaran, ada begitu banyak produk HP dengan sistem operasi Android yang beredar dan mudah ditemui. Berbagai vendor handphone juga terus merilis produk terbarunya dengan varian dan spesifikasi yang cukup beragam.

Rekomendasi Spesifikasi HP Android Terbaik di Tahun 2022

Kali ini, Tekno Jempol akan memberikan rekomendasi handphone Android dengan spesifikasi terbaik untuk kebutuhan kalian. Berikut ini penjelasan lengkap tentang spesifikasi teknis minimal yang sebaiknya dipertimbangkan saat memilih smartphone Android di tahun 2022.

  • Jaringan 4G LTE/5G NR
  • Dual Nano SIM card
  • OS Android 9 (Pie)
  • SoC/CPU 6 Core
  • RAM 6 GB
  • Penyimpanan internal berkapasitas 64 GB ditambah slot penyimpanan eksternal (Micro SD)
  • Resolusi layar HD (1280x720)
  • Kamera yang mampu merekam video beresolusi setidaknya 1080p
  • Konektivitas USB tipe C dan NFC
  • Sensor Fingerprint

Jaringan 4G LTE/5G NR

Sebetulnya, jaringan seluler 4G LTE (Long Term Evolution) sudah tersedia sejak tahun 2009 (satu dekade lalu). Namun di Indonesia, jaringan ini baru tersebar merata beberapa tahun kebelakang. Handphone atau smartphone Android modern sudah pasti mengadopsi jaringan ini.

Saat ini, beberapa operator seluler Indonesia mulai melakukan uji coba layanan berbasis jaringan 5G NR (New Radio). Hanya beberapa tempat yang telah dijangkau oleh sinyal jaringan tersebut. Kedepan, tentu jaringan 5G NR berikut layanan selulernya akan berkembang dan tersebar merata ke berbagai daerah.

Jika ingin membeli ponsel Android di tahun 2022 ini, mungkin sebaiknya kalian memilih smartphone yang telah mendukung jaringan 5G NR. Kalaupun belum tersedia, kalian masih dapat memilih ponsel yang menggunakan jaringan 4G LTE.

Baca juga : Cara mempercepat koneksi internet pada HP Android

Dual SIM Card

Hampir semua smartphone modern saat ini sudah menggunakan SIM card ganda. Fitur ini dapat digunakan untuk merasakan layanan seluler dari dua operator yang berbeda. Jika membeli ponsel Android baru di tahun 2022 ini sudah pasti akan mendapatkan fitur kartu SIM dobel.

Jika dipikir-pikir, fitur SIM card ganda sebenarnya cocok diaplikasikan di negara berkembang seperti Indonesia. Di negara ini, infrastruktur telekomunikasinya masih sangat perlu pemerataan dan dikembangkan. Di beberapa daerah, sinyal jaringan dan layanan dari operator seluler belum begitu memadai.

Dengan adanya fitur ini, kalian dapat menggunakan layanan dua operator seluler sekaligus. Nanti, kalian masih dapat melakukan komunikasi jika misalnya salah satu jaringan/layanan operator seluler mengalami kendala.

OS Android 9 (Pie)

Platform sistem operasi Android yang digunakan pada ponsel baru tahun 2022 minimal Android 9 (Pie). Seri Android 9 ini dirilis pada tahun 2018. Mungkin sebaiknya kalian memilih ponsel dengan seri OS Android terbaru.

Misal, pada smartphone yang sudah mendukung jaringan 5G NR, sistem operasi yang digunakan yaitu Android 11. Ada juga smartphone yang terpasang OS Android 10, namun menyediakan layanan upgrade ke versi Android 11.

Tekno Jempol sangat menyarankan kalian untuk memilih smartphone dengan OS Android versi terbaru. Selain mendukung teknologi baru seperti jaringan 5G NR, kalian juga akan mendapatkan berbagai fitur baru dan perbaikan dari versi sebelumnya.

SoC/CPU 6 Core

Dalam memilih handphone/smartphone, aspek performa tentu tidak boleh diabaikan. Agar pengoperasian yang lebih nyaman, kalian sebaiknya memilih ponsel Android yang setidaknya sudah menggunakan SoC dengan CPU 6 Core.

Perlu dipahami, semakin banyak core CPU, kinerja multitaskingnya juga semakin bagus. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tentu akan terasa lebih enak. Kinerja SoC/CPU 6 core (atau lebih) akan sangat terasa saat digunakan untuk aktvitas berat seperti gaming atau membuat konten.

Sebetulnya, smartphone Android saat ini sudah banyak yang menggunakan SoC/CPU 6 core. Bahkan, banyak juga yang lebih dari 6 core, misalnya 8 core.

RAM 6 GB

Beberapa program aplikasi terutama game, cukup banyak memakan ruang memori. Di sini, kalian sebaiknya memilih HP Android yang punya kapasitas RAM besar. Dengan begitu, handphone kalian dapat mengakomodir program aplikasi modern.

RAM dengan kapasitas besar juga dapat memudahkan saat multitasking. Ruang memori yang besar tentu dapat digunakan untuk mewadahi lebih banyak program aplikasi. Agar lebih menambah performa, pilih HP Android dengan kapasitas RAM minimal 6 GB.

Penyimpanan internal 64 GB + slot MicroSD

Selain RAM, storage atau penyimpanan internal juga mesti diperhatikan saat memilih smartphone Android. Dalam smartphone Android, penyimpanan internal digunakan untuk mewadahi berbagai data seperti file sistem operasi, data program aplikasi, dan data pengguna.

Storage dengan kapasitas besar tentu dapat digunakan untuk mewadahi lebih banyak data. Selain itu, program aplikasi yang dapat diinstal juga bisa lebih banyak. Untuk itu, kalian sebaiknya pilih smartphone Android dengan kapasitas penyimpanan internal setidaknya 64 GB.

Jika memungkinkan, coba pilih smartphone yang menyediakan slot penyimpanan eksternal/tambahan seperti MicroSD. Dengan begitu, kalian dapat menambah kemampuan penyimpanan dengan kapasitas yang lebih besar dan sesuai kebutuhan.

Penggunaan media penyimpanan tambahan seperti MicroSD ini sebetulnya cukup penting. Terutama untuk menyimpan data pengguna seperti dokumen, foto/video, dan lainnya. Memisahkan data sistem dan data pengguna akan berguna jika suatu saat terjadi masalah pada smartphone. Data pengguna yang disimpan dalam penyimpanan eksternal lebih mudah diselamatkan ketimbang tercampur dalam penyimpanan internal.

Resolusi layar HD (720p)

Saat menentukan HP Android di tahun 2022 ini, kalian sebaiknya memilih HP dengan layar yang setidaknya telah mendukung resolusi HD (High Definition) (1280x720p). Untuk ukuran layarnya, mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau kenyamanan.

Resolusi layar HD akan membuat tampilan pada layar HP Android jadi lebih tajam dan menarik. Makin tinggi resolusinya, makin bagus tampilan layarnya. Pengalaman menggunakan ponsel Android juga akan semakin nyaman dan menyenangkan.

Kamera dengan resolusi video FHD (1080p)

Ponsel Android saat ini sudah banyak yang memiliki fitur multi-camera. Artinya kamera yang disertakan punya lebih dari satu lensa kamera dengan spesifikasi yang cukup bervariasi. Hal ini akan memudahkan pengguna ponsel Android untuk mendapatkan hasil foto/video terbaik.

Yang perlu diperhatikan yaitu kamera tersebut harus mendukung resolusi video minimal Full HD (1080p). Mengapa ? Sebab, saat ini konten digital berupa video lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Video dengan resolusi 1080p rasanya sudah menjadi "standar umum" yang banyak ditemui di berbagai platform.

Baca juga : Daftar aplikasi edit video terbaik untuk Android

Konektivitas USB Type-C dan NFC

Untuk urusan konektivitas, smartphone Android di tahun 2022 ini sebaiknya sudah menggunakan setidaknya koneksi USB tipe-C dan NFC (Near Field Communication). Konektivitas wajib seperti WIFI dan Bluetooth tentu tetap tidak boleh dikesampingkan.

USB tipe-C sendiri mendukung teknologi bus interface baru yaitu USB4. Secara teori, USB tipe-C mampu melakukan transfer data dengan kecepatan mencapai 2.5 GB per detik. Bahkan, USB tipe-C dapat digunakan untuk koneksi ke layar monitor.

Secara sederhana, NFC merupakan teknologi untuk menyambungkan antar perangkat secara nirkabel. Saat ini, NFC juga dikembangkan untuk layanan micropayment. Kalian dapat melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan smartphone Android. Tentu saja, smartphone tersebut harus terhubung layanan perbankan/jasa keuangan.

Sensor Fingerprint

Salah satu aspek yang sebaiknya tidak diabaikan yaitu keamanan atau proteksi. Smartphone Android di tahun 2022 ini harusnya memiliki fitur otentikasi biometrik. Fitur ini dapat bekerja jika terdapat perangkat semacam fingerprint scanner atau kamera depan.

Sensor fingerprint dapat digunakan untuk membuka/menutup dengan kunci berupa sidik jari dari pemilik smartphone tersebut. Dengan begitu, smartphone bisa jadi lebih aman dan terproteksi dari penggunaan oleh orang-orang yang tidak berhak.

Beberapa smartphone Android bahkan punya otentikasi dengan metode pengenalan wajah.

Komponen lain

  • Ukuran fisik ponsel Android mungkin bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan penggunaan. Misalnya, jika nyaman dengan ukuran layar yang besar, maka kalian harus memilih ponsel Android dengan body yang lebih gede.
  • Saat ini, sudah banyak produk ponsel Android yang menawarkan daya baterai dengan cukup lama. Terutama pada produk untuk kelas premium. Namun, ketahanan baterai ponsel dipengaruhi oleh cara pemakaian. Jika menggunakan secara sembarangan, baterai ponsel yang kalian pakai mungkin akan lebih cepat habis.
  • Terakhir dan paling penting yang harus dipertimbangkan yaitu garansi resmi, service center, serta layanan purna jual. Kalian sangat disarankan untuk memilih produk ponsel dengan masa garansi paling lama. Pastikan juga lokasi service center yang terdekat agar ketika terjadi masalah pada ponsel, bisa cepat segera diatasi
Baca juga : Cara ampuh menghemat baterai HP Android

Harga

Banyak orang berpikir bahwa produk smartphone yang berkualitas memiliki harga yang mahal dan produk smartphone murah punya spesifikasinya yang biasa saja. Pemikiran ini sebetulnya tidak salah. Memang, ada harga ada rupa.

Tapi jika pintar memilih, kalian juga bisa mendapatkan produk smartphone Android berkualitas terbaik dengan harga yang murah lho! Sebelum membeli smartphone Android, kalian sebaiknya juga harus mempertimbangkan harganya.

Kalian dapat mencari referensi produk smartphone Android yang sesuai kebutuhan kemudian menyiapkan anggaran biaya. Atau menyiapkan dana terlebih dulu baru mencari produk smartphone Android sesuai dana yang terkumpul.

Baca juga : Daftar ponsel Android yang jangan dibeli lagi

Merk Handphone Android terbaik/paling bagus ?

Sering kali orang menanyakan merk atau brand HP Android yang paling bagus/terbaik. Wajar, brand atau merk lebih mudah dikenali ketimbang spesifikasi teknis.

Sebetulnya, tidak ada indikator baku mengenai merk HP Android yang paling bagus atau terbaik. Semua merk atau brand pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setiap merk HP Android semacam Xiaomi, Samsung, Oppo, vivo, Realme dll selalu berusaha mengeluarkan produk handphone sesuai keinginan konsumen.

Sekarang pertanyaannya adalah produk HP Android mana berikut spesifikasinya yang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai budget yang kalian sediakan ?

Contoh produk ponsel Android range budget kurang dari 5 jutaan

Produk Ponsel AndroidSpesifikasiHarga*
Realme 8 5GLayar 6.5", OS Android 11, SoC Mediatek 8 core, MicroSDXC, Triple Camera 48MP, 3.5" audio jack, Baterai Li-Po 5000 mAh Fast Charging 18 WRp. 2.733.318
Xiaomi Redmi Note 10 5GLayar 6.5", OS Android 11, SoC Mediatek 8 core, MicroSDXC, Triple Camera 48MP, 3.5" audio jack, FM Radio, Baterai Li-Po 5000 mAh Fast Charging 18 WRp. 2.601.084
Samsung Galaxy M42 5GLayar 6.6", OS Android 11, SoC Qualcomm Snapdragon 750G 8 core, MicroSDXC, Quad Camera 48MP, 3.5" audio jack, FM Radio, Baterai Li-Po 5000 mAh Fast Charging 15 WRp. 4.307.736
Oppo K7 5GLayar 6.4", OS Android 10, SoC Qualcomm Snapdragon 765G 8 core, Penyimpanan 128GB, 8GB RAM, Quad Camera 48MP, 3.5" audio jack, Baterai Li-Po 4025 mAh Fast Charging 30 WRp. 4.138.980

* harga diambil dari berbagai sumber

Demikian rekomendasi dan tips memilih spesifikasi HP Android terbaik di tahun 2022. Pilihlah handphone Android yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan, budget, dan ketersediaannya. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar