Skip to main content

Terbukti! Inilah Cara Mengatasi Laptop Yang Mati Sendiri

Sesuatu yang sifatnya mendadak kadang kurang mengenakkan. Termasuk kerusakan pada komputer laptop. Jika sedang menyelesaikan suatu pekerjaan dan tiba-tiba laptop mengalami kerusakan, tentu akan sangat mengesalkan. Bahkan, mungkin bisa memicu emosi.

Salah satu kerusakan laptop yang kadang terjadi secara tiba-tiba yaitu laptop mati sendiri. Kasus ini banyak dialami oleh pengguna laptop, terutama laptop lawas. Namun, kasus mati secara mendadak kadang juga terjadi pada laptop yang relatif masih baru.

Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan penyebab dan beberapa cara mengatasi komputer laptop yang tiba-tiba mati sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penyebab laptop mati sendiri

Kenapa laptop bisa tiba-tiba mati ? Kejadian laptop mendadak mati bisa disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya seperti berikut ini

  • Kendala pada baterai
  • Regulator daya listrik yang bermasalah
  • Komponen hardware mengalami overheat
  • Kesalahan software atau driver
  • Infeksi virus atau malware
  • dan lainnya

Gejala laptop yang mengalami mati secara tiba-tiba juga dapat terjadi secara beragam. Misalnya

  • Laptop mendadak mati saat dihidupkan
  • Laptop tiba-tiba mati setelah dihidupkan beberapa saat atau sering restart sendiri
  • Laptop mati sendiri saat booting
  • Laptop mati ketika baterai dicharge
  • Laptop mendadak mati dan tidak dapat dihidupkan lagi
  • Laptop tiba-tiba Locking dan mati sendiri (terkunci)
  • dan seterusnya

Cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati sendiri

Dari penjelasan sebelumnya, ada beberapa penyebab dan gejala yang terjadi saat laptop mengalami mati secara mendadak. Tiap kasus tersebut tentu memiliki cara penanganan yang berbeda-beda.

Mengatasi laptop yang mendadak mati saat dihidupkan/booting

Sumber: computerinfobits.com

Kasus ini mungkin disebabkan karena ada konfigurasi hardware yang bermasalah. Berikut ini langkah-langkah mengatasinya

  1. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  2. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  3. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  4. Cabut kabel charger dari konektor pada laptop
  5. Lepas baterai laptop (jika memungkinkan)
  6. Buka case cover memori RAM.
  7. Lepas modul memori RAM yang terpasang. Caranya cukup melepas pengunci kedua sisi memori RAM
  8. Bersihkan slot memori RAM dengan kuas kecil
  9. Bersihkan kedua sisi konektor memori RAM dengan penghapus karet
  10. Pasang kembali memori RAM dan covernya
  11. Pasang kembali pula baterai laptop
  12. Nyalakan laptop kembali
Credit: ifixit.com

Cara lain untuk mengatasi laptop mati sendiri yaitu dengan reset BIOS/CMOS. Dengan reset BIOS/CMOS, maka seluruh pengaturan BIOS yang dianggap menyebabkan error dan tidak stabil dapat hilang dan akan digantikan dengan pengaturan default. Berikut ini cara reset BIOS

  • Matikan laptop dan cabut kabel charger komputer dari stop kontak listrik
  • Lepas baterai laptop (jika memungkinkan)
  • Buka cover bawah laptop
  • cabut baterai BIOS laptop dan tunggu selama 30 detik
  • Pasang kembali baterai BIOS dan nyalakan laptop

Memperbaiki laptop yang tiba-tiba mati setelah dihidupkan beberapa saat

Kejadian ini mungkin disebabkan karena baterai sudah tidak dapat menyediakan daya untuk sistem laptop. Atau kapasitas baterai laptop sudah tidak memungkinkan untuk menyimpan daya listrik. Alhasil, laptop akan masuk ke mode hibernate. Pada laptop OS Windows 10 akan muncul pesan "Locking...".

Berikut ini langkah-langkah memperbaikinya

  1. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  2. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  3. Tenang, sabar, dan tidak perlu panik
  4. Pasang kabel charger pada laptop. Jangan lupa sambungkan dengan stop kontak listrik
  5. Pastikan baterai telah terpasang dalam laptop
  6. Nyalakan laptop kembali
  7. Pastikan sistem melakukan pengisian daya pada baterai
  8. Jika budget tersedia, pertimbangkan untuk mengganti baterai laptop baru.

Kadang, kejadian seperti ini bisa juga disebabkan oleh software (program aplikasi/driver) yang error/crash. Ada beberapa langkah untuk memperbaikinya

  1. pastikan aplikasi/driver tersebut kompatibel dengan komputer laptop yang digunakan
  2. jangan lupa menginstal aplikasi pendukung yang dibutuhkan
  3. pastikan aplikasi yang digunakan didapatkan secara resmi, bukan hasil pembajakan, crack, atau penggunaan diluar prosedur
  4. gunakan pengaturan aplikasi yang sesuai dan dapat dijangkau oleh kemampuan laptop
  5. jika perlu, instal ulang aplikasi/driver tersebut dengan versi terbaru

Mengatasi laptop tiba-tiba mati karena panas/overheat

Ada kasus laptop mati sendiri saat sedang digunakan untuk main game berat. Hal ini kemungkinan disebabkan karena hardware laptop bekerja terlalu keras. Akibatnya, terjadinya throttiling atau penurunan kinerja sistem akibat beban kerja yang terlalu besar.

Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, komponen hardware laptop juga rentan terhadap suhu panas. Temperatur komponen yang tinggi (pada CPU misalnya) dapat menyebabkan laptop tiba-tiba mati. Namun hal ini bertujuan agar komponen tersebut tidak mengalami overheat yang berakibat kerusakan permanen.

Berikut ini cara/langkah-langkah mengatasi laptop yang mati sendiri akibat panas atau saat menjalankan aplikasi berat

  1. Berikan pendinginan untuk laptop dengan tepat. Kalian dapat menggunakan perangkat laptop cooler/cooling pad agar pendinginan lebih maksimal
  2. Jika sudah terlanjur mati akibat kepanasan, coba diamkan laptop untuk beberapa jam hingga suhu komponen di dalamnya dirasa sudah turun (dingin)
  3. Jika kasus laptop kepanasan/overheat ini masih terjadi terus-menerus, kalian dapat mempertimbangkan untuk melakukan pembersihan komponen hardware laptop secara menyeluruh. Termasuk penggantian thermal paste.

Untuk mencegah laptop mendadak mati karena kepanasan, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan

  1. Pastikan kebutuhan aplikasi sesuai dan dapat dijangkau oleh spesifikasi laptop. Overheat umumnya disebabkan karena sistem bekerja terlalu berat.
  2. Pastikan komponen pendinginan bekerja dengan semestinya
  3. Pastikan pula tidak ada debu dan kotoran yang menghalangi sirkulasi udara pada laptop. Oleh karena itu, kalian sebaiknya melakukan perawatan fisik laptop secara berkala.

Manangani laptop mati sendiri ketika baterai dicharge dan tidak dapat dihidupkan lagi

Credit : esafety.gov.au

Untuk masalah ini mungkin sedikit lebih berat. Hal ini biasanya disebabkan karena komponen hardware yang tidak dapat berfungsi normal. Tepatnya yaitu komponen power regulator. Komponen ini mengatur alur distribusi daya listrik dari baterai/stop kontak ke komponen hardware laptop lainnya.

Jika komponen tersebut tidak dapat bekerja dengan semestinya, sudah pasti laptop tidak akan dapat menyala normal (mati total). Untuk mengatasi laptop mati ketika dicharge atau tidak dapat dihidupkan lagi, langkahnya cukup sulit untuk dilakukan oleh banyak pengguna.

Satu-satunya cara penanganannya yaitu membawanya ke service center atau teknisi ahli (dan terpercaya). Merekalah yang memang mampu melakukan pergantian komponen-komponen vital pada laptop. Kalian juga harus menyiapkan budget/anggaran tertentu agar laptop dapat kembali menyala.

Mengatasi laptop terkunci dan mati sendiri

Banyak pengguna yang mengalami laptopnya tiba-tiba mati sediri saat layar terkunci. Biasanya hal ini terjadi ketika laptop tidak digunakan dalam beberapa saat dan masuk ke sleep mode. Ketika akan digunakan kembali, laptop justru melakukan restart.

Kasus seperti ini bisa disebabkan oleh dua hal, software dan hardware. Dari sisi software, kemungkinan ada driver yang tidak bekerja dengan normal. Sedangkan dari sisi hardware, kemungkinan baterai atau komponen power regulator yang tengah bermasalah.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut

  1. Kalian dapat melakukan perbaikan pada sistem operasi (dalam hal ini Repair Windows). Tak perlu instal ulang, cukup memperbaiki file-file OS yang bermasalah. Caranya dapat kalian lihat di artikel dengan judul Cara Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang
  2. Update driver hardware laptop dengan versi terbaru.
  3. Atau kalian dapat langsung melakukan instalasi ulang sistem operasi Windows sehingga kendala dari sisi software mungkin dapat ditangani.
  4. Kalian mungkin dapat mempertimbangkan untuk mengganti baterai atau komponen power regulator yang baru. Oleh karenanya, kalian juga harus menyiapkan budget tertentu. Pastikan kalian menggunakan suku cadang/komponen hardware yang orisinal. Jika tidak, dikhawatirkan malah akan membuat masalah baru di kemudian hari.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang mendadak mati sendiri dan langkah-langkahnya. Mungkin masih ada lagi kasus lain yang tentu membutuhkan cara penanganan atau perbaikan yang berbeda pula.

Jika masih tidak berhasil, mungkin kalian harus membawa laptop tersebut pada service center atau teknisi reparasi laptop yang ahli untuk diperbaiki. Sebab, untuk memeriksa atau memperbaiki komponen laptop yang lain mengharuskan kalian untuk membongkar semua bagian laptop .

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar