Skip to main content

7+ Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop & PC

Zaman "now", jika ingin jadi terkenal rasanya mudah. Cukup posting foto atau video yang unik dan menarik, bukan tidak mungkin akan dikenal banyak orang. Apalagi dengan adanya media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube, foto atau video yang kalian posting bisa viral dengan begitu cepat.

Buat kalian yang ingin berbagi momen-momen keseharian yang unik atau ingin pamer hobi-hobi yang anti mainstream, bisa dalam bentuk video blog alias vlog. Konten video memang sangat menarik perhatian banyak netizen di dunia maya.

Editing video di laptop pakai apa? Sudah banyak beredar aplikasi untuk mengedit video di laptop yang bagus buat kalian gunakan. Kali ini, Tekno Jempol akan memberikan rekomendasi aplikasi editing video di laptop (& PC desktop) yang bisa kalian download dengan mudah dan gratis.

Berikut ini daftar aplikasi untuk mengedit video di laptop dan PC

Untuk mendapatkan hasil editan video yang bagus, sebetulnya tidak harus menggunakan software video editing versi premium dan mahal. Apalagi jika kalian bukan video editor dan videografer profesional atau seseorang pemula di bidang videografi.

Saat ini, skill untuk mengedit video benar-benar dibutuhkan terutama untuk kebutuhan pekerjaan profesional hingga keperluan pribadi. Kini telah banyak aplikasi edit video yang tersedia untuk perangkat komputer desktop, laptop, hingga perangkat mobile.

Tetapi pada artikel kali ini, Tekno Jempol hanya akan membahas seputar aplikasi edit video gratis yang tersedia untuk laptop atau PC desktop.

Windows Movie Maker

Credit : windowsreport.com

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi video editing ini ? Windows Movie Maker adalah aplikasi edit video yang mudah untuk pemula dan telah lama tersedia untuk platform OS Windows. Seperti yang diketahui, aplikasi ini mempunyai antarmuka yang sangat mudah diterapkan.

Selain itu, aplikasi Windows Movie Maker juga mempunyai fitur-fitur sederhana yang cukup komplit seperti menambahkan transisi, teks, dan musik ke dalam video. Aplikasi ini juga dibekali fitur dasar untuk mengedit video, seperti misalnya memotong clip video, efek memutar clip, dan menambah efek visual semisal slow motion atau fast forward.

Kini, Windows Movie Maker telah digantikan dengan fitur built-ini video editor pada aplikasi Microsoft Photos (Windows 10) dan Clipchamp (Windows 11).

Avidemux

Blender Foundation / http://www.bigbuckbunny.org/, CC BY 3.0 https://creativecommons.org/licenses/by/3.0, via Wikimedia Commons

Merupakan salah satu aplikasi edit video free atau gratis yang tersedia untuk platform Windows, Mac, dan Linux. Avidemux mempunyai interface yang ramah pengguna dan menawarkan fitur yang cukup gampang diaplikasikan. Contohnya seperti mixing video-audio, menambahkan teks serta menambahkan efek-efek filter.

Meskipun terbilang cukup simpel, tetapi Avidemux sangat efektif untuk kebutuhan editing video sederhana. Aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur yang cukup komplit untuk mengedit video, seperti memotong, memutar, dan menambah efek seperti slow motion atau fast forward.

Ternyata, aplikasi ini juga mempunyai fitur yang mungkin cukup canggih seperti chroma key (keying) untuk menghilangkan background warna tertentu dalam video. Karena memang gratis, Avidemux tentu tak dibekali fitur yang terlalu banyak. Jadi, aplikasi ini  memang pantas untuk kebutuhan editing video dasar.

Jika tertarik, kalian bisa mencoba download aplikasi edit video untuk laptop lewat link berikut

https://sourceforge.net/projects/avidemux/

Lightworks

Lightworks. Credit: Techradar.com

Lightworks ialah aplikasi edit video profesional yang tersedia untuk Windows dan Mac. Lightworks menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan kalian untuk mengedit video dengan mudah dan cepat, termasuk pengeditan multicam dan pengeditan audio.

Aplikasi ini termasuk salah satu aplikasi editing video populer di kalangan professional dan sudah banyak digunakan dalam industri multimedia. Aplikasi ini bahkan beberapa kali digunakan dalam produksi beberapa film terkenal seperti Romeo+Juliet (1996), 28 Days Later (2002), dan The Wolf of Wall Street (2013).

Aplikasi Lightworks ini menggunakan basis non-linear editing. Artinya pada proses pengeditan, konten aslinya tidak mengalami perubahan. Selama proses editing, konten asli dibuat ulang berikut langkah-langkah editing yang telah ditentukan.

Oleh karena itu, aplikasi ini membutuhkan sistem dengan spesifikasi kelas menengah ke atas agar memungkinkan kalian untuk dapat mengedit video dengan mudah dan nyaman. Jika tertarik mencoba, kalian bisa dapatkan lewat link download aplikasi edit video ini di sini

https://www.lwks.com/index.php?option=com_lwks&view=download&Itemid=206

DaVinci Resolve

Credit : blackmagicdesign.com

DaVinci Resolve merupakan salah satu aplikasi video editing kelas profesional dengan dilengkapi antarmuka yang cukup lengkap. Serupa dengan Lightworks, aplikasi ini juga mengadopsi sisten non-linear editing. Oleh karena itu, DaVinci Resolve termasuk aplikasi edit video durasi panjang di laptop

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh DaVinci Resolve adalah Color Correction atau koreksi warna. Fitur ini mampu memanipulasi warna visualisasi adegan agar tampak lebih realistis. Selain itu, terdapat pula dukungan HDR dan kalian juga bisa mengedit file video raw secara langsung.

Aplikasi ini juga menawarkan sejumlah filter eksklusif yang bisa kalian dapatkan jika memiliki versi premium dan juga batasan untuk mengekspor video dalam resolusi 4K (3840x2160). Rasanya, aplikasi ini sudah lebih dari cukup jika kalian hanya ingin memotong beberapa scene dan mengunggahnya ke YouTube.

Tapi, jika kalian mengerjakan proyek video kelas professional, maka aplikasi DaVinci Resolve bisa jadi pilihan yang tepat. Jika tertarik mencoba aplikasi ini, kalian bisa dapatkan lewat link download di sini

https://www.blackmagicdesign.com/products/davinciresolve/

Shotcut

Credit : Linux Screenshots, https://creativecommons.org/licenses/by/2.0 CC BY 2.0, via Wikimedia Commons

Shotcut memiliki kapabilitas video editing yang cukup memadai, terutama untuk kalangan professional. Aplikasi video editor ini sebetulnya ditujukan untuk platform Linux. Kemudian juga dibuat untuk versi Windows dengan antarmuka yang sedikit berbeda.

Antarmuka aplikasi ini mungkin terlihat sedikit kaku, terutama untuk pemula. Kalian juga harus memilih mode editing yang diinginkan serta tools yang diperlukan. Shotcut bisa juga sebagai aplikasi edit video free tanpa watermark.

Tak bisa dipungkiri jika kalian perlu waktu lebih agar terbiasa menggunakan aplikasi Shotcut berikut menguasai semua fitur yang dimiliki. Untuk bisa mendapatkan hasil yang bagus salah satunya dengan cara menerapkan efek filter yang tepat.

Jika tertarik untuk mencoba, kalian bisa dapatkan lewat link download aplikasi edit video ini

https://shotcut.org/download/

VSDC Free Video Editor

Credit : videosoftdev.com

Salah satu pilihan aplikasi edit video untuk pemula. Aplikasi video editor ini menawarkan sejumlah efek dan filter dalam jumlah yang cukup banyak untuk dapat mendapatkan hasil editing yang menarik. Selain cocok digunakan oleh pemula, juga cocok digunakan oleh pengguna profesional.

VSDC memiliki kemampuan yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan hasil yang cukup bagus. Sebagai editor non-linier, aplikasi ini bekerja dengan memposisikan klip dan elemen lainnya secara lebih bebas dan kalian dapat mengeditnya dengan mudah.

Agar mendapatkan hasil video dengan kualitas seperti seorang profesional, kalian dapat menambahkan sejumlah adegan dengan efek transisi dan artistik ekstra pada video.

Selain itu, VSDC juga dilengkapi dengan profil khusus ekspor video ke media sosial dan stabilisasi gambar secara otomatis. Jika tertarik mencoba aplikasi ini, kalian bisa dapatkan lewat link download berikut ini

http://www.videosoftdev.com/free-video-editor/download

Hitfilm Express

Credit : fxhome.com

Hitfilm Express adalah salah satu aplikasi editing video gratis dengan fitur level profesional. Tools yang diberikan oleh aplikasi ini cukup lengkap, misalnya terdapat tools untuk memotong video, serangkaian filter video dan audio, opsi layer dan masking, opsi untuk mengkomposisi, serta chroma key untuk menciptakan efek green screen.

Jika masih kurang, kalian juga dapat membeli beberapa tools tambahan mulai dari US$ 10 seperti koreksi warna, penyesuaian exposure, split screen masking, dan filter yang lebih variatif.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah aplikasi ini membutuhkan system requirement yang cukup tinggi. Jadi, kalian harus memastikan dulu spesifikasi laptop atau komputer desktop yang digunakan sudah memenuhi kebutuhan aplikasi sebelum mengunduh. Jika tertarik mencoba aplikasi ini, kalian bisa dapatkan lewat link download di sini

https://fxhome.com/product/hitfilm-express

Blender

Piotr Krynski, CC BY 4.0 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0, via Wikimedia Commons

Perangkat lunak grafik 3D ini juga merupakan editor video yang cukup andal. Dengan berbagai fitur canggih seperti pengomposisian, masking, dan animasi, Blender layak untuk dipertimbangkan. Aplikasi ini tersedia untuk platform populer semisal Windows, Mac, dan Linux. Blender memiliki antarmuka yang ramah pengguna sehingga cocok untuk pengguna pemula atau tingkat mahir.

Semua aplikasi edit video di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi silihkan pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Selain itu, pastikan kalian juga membaca ulasan atau mencoba versi trial aplikasi tersebut sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakannya pada pekerjaan.

Apa pun aplikasi editan video yang kalian pilih, penting untuk meluangkan waktu dengan membiasakan diri pada antarmuka dan fitur aplikasi serta dokumentasi atau tutorial penggunaan yang tersedia. Hal ini akan sangat membantu kalian mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan memungkinkan kalian menjadi video editor profesional.

Bila kalian ingin serius membuat video secara professional, sebaiknya mulai mempertimbangkan penggunaan komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi dan meningkatkan skill dan kreatifitas editing video. Selain itu juga perlu penggunaan aplikasi pengolah video berbayar.

Semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar