Skip to main content

11 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10

11 Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10

Komputer laptop saat ini menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak dibutuhkan untuk berbagai hal. Mulai dari belajar, bekerja, berkarya hingga sebagai sarana hiburan. Bentuknya yang cukup portabel membuat laptop dapat dibawa bepergian.

Seperti halnya gadget, laptop juga membutuhkan daya listrik dalam baterai agar dapat dinyalakan. Seiring bertambahnya penggunaan, daya listrik dalam baterai laptop cepat habis. Mau tak mau, pengguna laptop juga harus membawa charger agar dapat laptopnya tetap dapat menyala.

Bagaimana cara agar baterai laptop tahan lama? Kali ini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa tips dan cara menghemat baterai laptop Windows 10. Cara atau langkah-langkahnya dapat diaplikasikan pada semua laptop terutama yang menggunakan sistem operasi Windows 10 atau Windows 11.

Cara menghemat baterai laptop Windows 10 agar tidak cepat habis

Daftar isi

Mengetahui aplikasi yang boros baterai

Apa yang membuat baterai laptop cepat habis? Di sini kalian harus mengetahui penggunaan daya baterai dari tiap aplikasi yang sering digunakan. Hal ini untuk memastikan penyebab baterai laptop cepat habis sekaligus memantau konsumsi daya baterai oleh aplikasi dalam kondisi wajar atau tidak.

Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pastikan laptop menyala dengan daya baterai, bukan dengan charger terpasang (AC mode)
  2. Tekan tombol Win + X lalu pilih Settings, atau
  3. Buka menu Start lalu pilih menus Settings
  4. Pilih opsi System
  5. Pada sisi kiri, pilih Battery
  6. Cek di bagian Battery usage per app. Di situ akan muncul daftar urutan aplikasi berdasarkan konsumsi daya baterai
  7. Periksa juga bagian Time period untuk mengecek lewat jangka waktu tertentu, misalnya selama 24 jam atau seminggu

Aplikasi-aplikasi yang menggunakan daya baterai cukup banyak, perlu diwaspadai. Jika tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya dihapus/diuninstall saja. Kalau masih digunakan, coba gunakan sewajarnya, dikurangi penggunaannya, atau coba diperbarui agar lebih efisien dalam konsumsi baterai.

Gunakan mode power level rendah

Windows 10 telah menyediakan fungsi pengaturan penggunaan daya baterai. Fungsi ini cukup mudah diakses. Ini bisa menjadi solusi cara agar baterai laptop tidak cepat habis. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik ikon baterai di pojok kanan bawah Taskbar
  2. Geser slider power mode ke arah kiri. Semakin ke kiri, level mode power yang digunakan semakin rendah

Ada dua power mode yang disarankan, yaitu Better Battery dan Battery saver. Pada mode Better Battery, laptop akan menggunakan daya baterai sedikit agak rendah dibanding mode Better perfomance. Sedangkan mode Battery saver, laptop akan menggunakan daya baterai jauh lebih hemat sehingga akan mengurangi performa, fitur, hingga kecerahan layar.

Kurangi kecerahan/brightness tampilan layar

Kenapa baterai laptop cepat habis? Salah satu penyebabnya adalah tampilan layar yang terlalu terang sehingga konsumsi daya baterai makin banyak. Oleh karena itu, cara agar baterai laptop awet yaitu mengatur kecerahan layar tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, penggunaan daya baterai jadi lebih efisien.

Berikut ini cara mengurangi kecerahan layar laptop atau mengubah brightness atau kecerahan tampilan layar monitor laptop

  1. Buka Action Center. Klik ikon paling pojok kanan bawah Taskbar atau tekan tombol Win + A
  2. Geser slider kecerahan layar ke arah kiri sesuai kebutuhan/kenyamanan pandangan mata. Untuk lebih menghemat penggunaan baterai, disarankan tidak lebih dari 50 %, atau
  3. Buka Settings dengan cara tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  4. Pilih opsi System 
  5. Pada menu Display, cari bagian Brightness
  6. Geser slider kecerahan layar ke arah kiri sesuai kebutuhan/kenyamanan pandangan mata.

Nyalakan airplane mode

Jika ingin benar-benar menghemat konsumsi daya baterai, kalian dapat mengaktifkan mode pesawat atau dikenal airplane mode. Fitur ini akan mematikan semua komunikasi wireless seperti Wifi, Bluetooth, jaringan seluler, GPS, NFC, dan lainnya. Berikut ini cara mengaktifkan airplane mode di laptop Windows 10

  1. Buka Action Center. Klik ikon paling pojok kanan bawah Taskbar atau tekan tombol Win + A
  2. Aktifkan Airplane mode (ikon pesawat)
  3. Atau buka Settings dengan cara tekan tombol Win + X lalu pilih Settings
  4. Pilih Network & Internet
  5. Pada bagian kiri, pilih Airplane mode
  6. Pastikan Airplane mode dalam posisi On

Mode pesawat akan sangat berguna jika laptop digunakan dalam kondisi offline atau tidak terkoneksi dengan jaringan komunikasi apapun.

Tutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan

Cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis khususnya pada sistem operasi Windows yaitu dengan mengurangi beban sistem. Salah satu hal yang dapat membebani sistem laptop yaitu aplikasi yang masih terus berjalan meski sudah tidak dibutuhkan. 

Inilah salah satu penyebab utama baterai laptop tidak awet sekaligus membuat laptop jadi lemot. Lalu bagaimana cara mengetahui dan menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan ? Mudah kok!

  • Kalian bisa cek taskbar di bagian pojok kanan bawah (notification area)
  • Disamping label jam dan waktu, biasanya terdapat berjajar ikon aplikasi yang sedang berjalan secara background
  • Periksa aplikasi-aplikasi tersebut. Jika memang sudah tidak diperlukan, bisa ditutup dengan cara klik kanan aplikasi tersebut, kemudian pilih menu close/exit

Biasanya, aplikasi akan memberikan notifikasi sejak pertama kali diinstall dan dijalankan. Semakin banyak kalian menginstal program aplikasi, notification area mungkin bisa disesaki oleh beberapa aplikasi yang sedang berjalan. Oleh karena itu, sebaiknya kalian hanya menginstal program aplikasi yang dibutuhkan saja.

Beberapa aplikasi pada notification area mungkin tidak bisa ditutup dengan cara di atas. Kalian dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Task Manager.

  • Buka aplikasi Task Manager (klik kanan taskbar, pilih Task Manager). Selengkapnya, coba baca artikel cara membuka Task Manager di Windows 11
  • Buka tab Procesess. Di situ terdaftar semua aplikasi yang sedang berjalan
  • Periksa aplikasi yang membebani CPU, memori RAM atau Disk penyimpanan. Salah satu indikasi laptop lemot diantaranya penggunaan resource sistem (CPU/RAM/Diskk usage) mencapai 100%. Jika penggunaan resource sistem cukup tinggi (di atas 80%), maka kalian wajib berhati-hati
  • Untuk menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan cukup klik tombol End process/task.
  • Cara ini juga bisa kalian terapkan untuk solusi cara mengatasi aplikasi not responding.

Kalian bisa mengaplikasikan cara mengatasi disk 100% atau cara mengatasi CPU & memory usage 100% pada laptop Windows 10. Tapi kalian tidak bisa menutup aplikasi lewat Task Manager sembarangan. Pada Windows 8/8.1 atau Windows 10, kalian cukup menutup aplikasi pada daftar Apps.

Aplikasi pada daftar yang lain seperti Background process atau System Process JANGAN ditutup karena merupakan aplikasi bawaan sistem. Jika aplikasi tersebut ditutup, sistem laptop mungkin tidak akan stabil atau bahkan tidak berjalan dengan baik.

Nonaktifkan startup entry yang terasa berat

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan jika aplikasi berjalan pada notification area. Aplikasi tersebut termasuk startup entry yang berjalan secara otomatis ketika booting ke Windows atau setelah login user. Semakin banyak startup entry, proses booting ke Windows akan lebih lama.

Saat aplikasi startup berjalan juga akan banyak memakan resource CPU dan memori. Tentu hal ini akan memakan daya baterai yang lebih banyak. Oleh karena itu, cara agar baterai tidak boros daya yaitu kalian perlu menonaktifkan aplikasi startup yang dirasa tidak diperlukan. Ini juga bisa menjadi solusi cara mempercepat startup Windows 10.

Begini langkah-langkahnya

  1. Buka aplikasi Task Manager (klik kanan taskbar, pilih Task Manager)
  2. Buka tab Startup
  3. Cek pada kolom Startup impact. Jika berlabel medium/high maka aplikasi tersebut dipastikan cukup memberatkan proses loading pada Windows.
  4. Pilih aplikasi yang menurut anda tidak perlu tapi pengaruh startup berstatus medium atau high.
  5. Klik tombol Disable
  6. Periksa tiap aplikasi yang ada dan ulangi langkah-langkah di atas jika diperlukan

Kurangi kustomisasi tampilan yang berlebihan 

Kustomisasi berlebihan pada laptop seperti efek animasi dan kecerahan layar seringkali mempercepat pemakaian daya baterai. Efek animasi layar juga dapat membebani sistem sehingga kinerja laptop menjadi kurang optimal.

Oleh karena itu, cara mengatasi baterai laptop cepat habis berikutnya adalah gunakan kustomisasi tampilan layar yang tidak terlalu banyak. Misalnya seperti memakai tema tampilan standar tanpa efek animasi yang berlebihan. Jika perlu, matikan semua efek tampilan.

Berikut ini cara mematikan efek animasi pada Windows 10

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Atau kalian bisa menekan tombol Win + I
  3. Pilih Ease of Access
  4. Perhatikan bagian Personalize Windows
  5. Pastikan opsi Show animations in Windows dan Show transparency in Windows dalam posisi off

Sedangkan untuk mematikan efek transparansi, berikut ini caranya

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Buka Personalizations
  3. Pilih Colors
  4. Pastikan opsi Transparency effects dalam posisi off

Cara di atas juga akan meningkatkan kinerja laptop. Hanya saja, kalian nanti hanya akan mendapat tampilan layar Windows yang biasa-biasa saja tanpa ada efek visual grafis.

Aktifkan fitur penghemat daya baterai

Pada Windows 10, sudah dibekali aplikasi baterai laptop berupa penghemat daya baterai. Fitur ini secara otomatis akan mengurangi penggunaan daya baterai pada kondisi tertentu. Misalnya saat daya baterai akan habis. Berikut ini cara setting baterai laptop Windows 10 untuk mengaktifkan fitur hemat daya

  1. Buka menu Start kemudian pilih Settings
  2. Atau kalian bisa menekan tombol Win + I
  3. Pilih Sytem
  4. Pada opsi di sisi kiri, pilih Battery
  5. Aktifkan Battery saver dengan switch on
  6. Battery saver juga bisa aktif secara otomatis pada kondisi tertentu. Misal jika baterai mencapai level rendah. Pada Turn battery saver on automaticaly at, pilih presentase level daya baterai.
  7. Jangan lupa untuk memberikan tanda centang pada Lower screen brightness while in battery saver
  8. Atau bisa juga dengan mengklik ikon baterai di pojok kanan bawah
  9. Kemudian geser slider hingga mentok kiri (Best baterai life)

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, baterai laptop kalian dijamin tidak akan cepat habis. Jika fitur penghemat daya aktif, umumnya laptop akan mengalami penurunan kinerja. Selain itu, fungsi kecerahan layar, koneksi data, Wifi atau penanda lokasi mungkin juga akan dibatasi.

Ada juga aplikasi yang memang bertujuan untuk menghemat daya baterai. Aplikasi ini punya cara kerja yang serupa dengan fitur di atas. Namun, Tekno Jempol tidak menyarankan penggunaan aplikasi ini. Sebab, aplikasi ini juga tetap membutuhkan resource sistem termasuk daya baterai.

Sebaiknya, kalian menggunakan fitur penghemat daya baterai yang sudah tersedia dalam sistem operasi Windows 10.

Pastikan penggunaan aplikasi sesuai dengan spesifikasi laptop

Kadang penggunaan aplikasi bisa mempengaruhi daya baterai laptop. Skenario penggunaan aplikasi yang terlalu berat akan memakan lebih banyak daya listrik. Alhasil baterai laptop jadi lebih cepat habis dan tidak awet.

Sebelum menginstal suatu program aplikasi (atau sistem operasi sekalipun), kalian wajib memperhatikan kebutuhan sistem yang diperlukan program aplikasi tersebut. Kebutuhan sistem ini harus sesuai dengan spesifikasi teknis laptop yang kalian gunakan.

Sebagai informasi, setiap program aplikasi atau sistem operasi pasti memiliki kebutuhan sistem minimal yang harus dipenuhi. Jika spesifikasi laptop terbaik sesuai atau bahkan melebihi kebutuhan sistem minimal, program aplikasi dapat berjalan lancar dan fiturnya dapat berfungsi dengan semestinya.

Sebaliknya, jika spesifikasi laptop tidak sesuai atau dibawah kebutuhan sistem minimum, kemungkinan program aplikasi tidak akan dapat dijalankan. Kalaupun bisa dijalankan, mungkin tidak akan nyaman saat digunakan. Oh iya, kebutuhan sistem ini bisa kalian cari pada website pengembang program aplikasi tersebut.

Meski spesifikasi laptop belum mampu diupgrade, kalian dapat menyiasatinya dengan cara menggunakan program aplikasi versi lama yang kebutuhan sistemnya masih sesuai dengan spesifikasi laptop. Atau kalian juga dapat menggunakan program aplikasi alternatif lainnya yang berukuran lebih kecil.

Gunakan baterai dan charger orisinil

Hampir semua laptop yang beredar di pasaran menggunakan baterai Lithium-ion atau Lithium-polymer. Baterai semacam ini lebih mudah dalam pemakaian. Kalian dapat melakukan charge kapanpun tanpa harus menunggu daya baterai akan habis.

Saat charge baterai laptop, sebaiknya kalian menggunakan charger resmi/orisinil. Hal ini disebabkan karena setiap laptop punya spesifikasi daya yang berbeda. Jika menggunakan charger yang tidak resmi/orisinil, dikhawatirkan akan merusak baterai laptop sehingga akan mengurangi daya tahan dan umur baterai.

Gunakan laptop seperlunya dan sewajarnya

Langkah penting agar baterai laptop tetap awet dan tidak cepat habis yaitu gunakan laptop seperlunya saja. Hindari menggunakan laptop dengan iseng tanpa ada tujuan yang jelas. Atau menggunakan laptop hanya untuk menghilangkan rasa suntuk dan bosan dikala senggang.

Ya, memang laptop bisa jadi sarana hiburan semisal menonton video/film, memutar musik, atau bermain game favorit. Tapi, penggunaan semacam ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering dan dalam waktu lama. Cukup sesekali saja. Usahakan laptop digunakan untuk hal-hal yang jauh lebih produktif.

Kasus lain misalnya, laptop digunakan untuk hal-hal yang diluar kemampuan spesifikasinya. Seperti laptop "murah" digunakan untuk melakukan pekerjaan berat semisal editing dan rendering video atau bermain game modern. Secara teknis memang laptop apapun bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Namun, pekerjaan berat akan memaksa laptop bekerja jauh lebih maksimal. Hal ini akan berdampak buruk pada laptop tersebut. Dalam jangka waktu tertentu, komponen hardware pada laptop mungkin akan mengalami kerusakan.

Hal-hal semacam ini yang seringkali dapat mengurangi daya dan usia pemakaian baterai laptop. Dengan mengurangi penggunaan yang tidak bermanfaat atau yang tidak sesuai kemampuannya, tentu akan lebih menghemat daya baterai laptop tersebut.

Cara menghemat baterai laptop Windows 10 cukup mudah bukan ? Oh ya, kalian jangan lupa melakukan cara merawat komputer laptop secara rutin. Biar baterai laptop tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu lama. Perawatan juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kinerja laptop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar