Skip to main content

Merasa Belum Produktif Sebagai Karyawan? Ketahui Ciri-cirinya

Produktivitas bagi seorang karyawan merupakan senjata penting untuk meningkatkan karir. Tanpa perencanaan yang tepat, produktivitas seseorang bisa saja menurun. Sebagai contoh, jika Anda merasa sering terlambat pulang kerja karena banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.

Hal ini bisa menjadi tolok ukur, bahwa bisa jadi saat ini produktivitas kerja Anda sedang menurun. Lalu, benarkah produktivitas Anda atau mungkin rekan kerja yang lain menurun? Simak ciri – ciri karyawan yang kurang produktif di tempat kerja berikut:

Penampilan berantakan dan sering telat ke kantor

Umumnya, karyawan ini sering muncul ketika matahari sudah bersinar terik dan para pegawai lain sudah hampir menyelesaikan separuh tugasnya. Bukannya berpenampilan rapi dan segar sehabis mandi, ia justru mengaku terlambat bangun alias kesiangan. Bayangkan, berapa banyak jam kerja yang terlewatkan sia – sia karena karyawan tersebut kurang produktif.

Lebih banyak browsing dan bermain media sosial

Karyawan yang produktif umumnya datang ke kantor dan langsung mengerjakan tugas – tugas tersulit selagi tubuh dan pikirannya masih segar. Tetapi, berbeda dengan karyawan yang kurang produktif. Ia malah lebih banyak bermain media sosial, browsing gambar atau membaca berita gosip hiburan di media online.

Meski tampak remeh, tetapi hal ini juga bisa membuat otak lelah. Setelah mencapai tengah hari, kondisi energi yang mulai berkurang tidak akan bisa maksimal mengerjakan tugas-tugas inti yang diberikan manajer.

Baca Juga : 9 Fitur Ini Wajib Ada Di Software HRD

Kecanduan HP

Karyawan milenial memang identik dengan teknologi dan gadget. Tetapi, jika terlalu berlebihan hingga kecanduan untuk terus menggunakan smartphone, tentu dapat mengganggu aktivitas pekerjaan dan menurunkan daya konsentrasi.

Sering begadang

Pola jam tidur malam sangat berperan penting dalam produktivitas kerja karyawan. Dengan jadwal tidur yang teratur lebih awal antara pukul 20.00 – 21.00 setiap malam, karyawa akan mendapatkan intensitas jam istirahat yang baik dan bisa bangun pagi lebih segar.

Sehingga ketika datang ke kantor di pagi hari, tubuh dan pikirannya sudah siap untuk menghadapi semua tantangan dengan energi yang penuh. Karyawan yang kurang produktif, kerap menghabiskan malam untuk begadang. Entah itu bermain games, hangout atau bahkan mengerjakan tugas kantor di rumah sampai larut. Pada keesokan harinya, si karyawan justru kelelahan dan kurang produktif.

Penurunan produktivitas kerja pada karyawan sama sekali tidak boleh diabaikan. Terlebih lagi, jika hal ini terjadi pada tim HR. Tugas – tugas tim HR yang mengelola ribuan karyawan membutuhkan daya konsentrasi dan energi penuh agar bisa selesai tepat waktu dan hasil memuaskan.

Sudah saatnya perusahaan tidak bisa menyerahkan tanggung jawab pengelolaan karyawan berbasis manual, karena karyawan juga manusia yang bisa saja menurun produktivitasnya. LinovHR adalah HR Software Indonesia yang bisa menjadi solusi terdepan untuk mengelola karyawan dan tugas HR secara otomatis.

Laporan HR, data karyawan, hingga data penggajian karyawan bisa dikerjakan secara detail dan otomatis berbasis cloud. Didukung teknologi mutakhir, HR Software Indonesia LinovHR menawarkan peningkatan produktivitas karyawan dan tim HR dengan modul dan fitur fungsional. Coba LinovHR sekarang juga secara gratis.


Artikel content placement dikirim oleh :

Dani Maryadi
PT Linov Roket Prestasi
Website : http://www.linovhr.com/
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar