Skip to main content

Cara Mengecek Sinyal Operator Terbaik di Daerah Kalian

Perangkat komunikasi seluler seperti handphone, smartphone, tablet, dan lain-lainnya pasti membutuhkan koneksi jaringan dari operator penyedia layanan. Koneksi jaringan ini berupa gelombang sinyal dengan mode spesifikasi tertentu. Dengan sinyal ini, ponsel dapat terhubung dan menggunakan jasa layanan dari operator seluler.

Namun, sinyal operator kadang tidak dapat menjangkau daerah-daerah tertentu sehingga ponsel tidak mendapatkan layanan selular seperti koneksi internet. Jika seperti ini, kalian mungkin harus mengganti operator seluar lain yang sinyalnya sudah menjangkau area tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui jangkauan sinyal operator seluler ? Kali ini, Tekno Jempol akan membahas cara mengecek sinyal jaringan operator terbaik di daerah yang kalian tempati. Dengan begitu, kalian bisa menentukan pilihan operator agar mendapatkan layanan selular yang maksimal.

Mengecek sinyal operator langsung lewat ponsel

Melihat baris sinyal

Di sini kalian tidak perlu menginstall aplikasi pendeteksi sinyal operator. Cukup menggunakan handphone atau smartphone kalian. Platform Android atau iOS (iPhone) juga bisa. Jadi, pengguna gadget yang awam sekalipun dapat mengetahuinya.

Caranya, kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada layar ponsel. Jika baris sinyal terlihat penuh atau agak penuh, itu tandanya area yang kalian tempati sudah dijangkau oleh sinyal jaringan operator selular. Layanan seluler seperti telpon, SMS, atau koneksi internet di sana sudah pasti dapat digunakan.

Sebaliknya jika baris sinyal tidak penuh atau bahkan sering hilang, sebaiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka. Misalnya, teras, halaman, lapangan, atau balkon. Setidaknya kalian tidak berada di area yang banyak terdapat objek penghalang sinyal seperti tiang, pohon, atau bangunan tinggi. Kadang cuaca buruk juga dapat mengganggu pancaran sinyal operator.

Baca juga :Daftar Kuota Data Internet Murah dari Operator Seluler Indonesia

Cek kekuatan sinyal pada status ponsel

Cara mengecek sinyal jaringan operator berikutnya dapat dilakukan dengan melihat status handphone atau smartphone kalian. Status ponsel juga memuat keadaan jaringan yang digunakan oleh ponsel tersebut termasuk kekuatan sinyal operator.

  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih opsi Tentang ponsel
  3. Pilih Status
  4. Lihat bagian jaringan atau sinyal
Status jaringan pada handphone. Credit : mx.gearbeast.com

Langkah-langkah di atas mungkin sedikit berbeda disetiap ponsel. Namun, intinya sama yaitu masuk ke status ponsel.

Kekuatan sinyal operator dalam status ponsel biasanya ditunjukkan melalui nilai angka tertentu dengan satuan dBm (Desibel-miliwatt). Nilai angka ini tentu berbeda, tergantung jenis jaringan, standar pengukuran sinyal, atau ponsel yang digunakan. Berikut ini beberapa contoh kekuatan sinyal operator

  • Jaringan 2G (GSM)
    • -70 dBm sampai -110 dBm (RSSI)
    • Makin kecil angkanya (mendekati angka 0), makin bagus sinyal operator yang ditangkap
    • Sebaliknya, makin besar angkanya, makin jelek sinyalnya.
  • Jaringan 3G (UMTS, WCDMA, HSPA, EVDO)
    • -70 dBm sampai -110 dBm (RSSI)
    • 0 sampai -20 (EC/IO)
    • 0 sampai -124 (RSCP)
    • Makin kecil angkanya (mendekati angka 0), makin bagus sinyal operator yang ditangkap
    • Sebaliknya, makin besar angkanya, makin jelek sinyalnya.
  • Jaringan 4G (LTE, LTE Advanced)
    • -80 dBm sampai -100 dBm (RSRP)
    • -10 dB sampai -20 dB (RSRQ)
    • -65 dBm sampai -95 dBm (RSSI)
    • Makin kecil angkanya (mendekati angka 0), makin bagus sinyal operator yang ditangkap
    • Sebaliknya, makin besar angkanya, makin jelek sinyalnya.

Biar lebih jelas, kalian dapat membaca artikel tentang kekuatan sinyal di sini.

Dengan mengetahui kekuatan sinyal operator, kalian dapat menentukan operator yang dapat dipilih untuk digunakan pada daerah tersebut. Jika menggunakan dua operator seluler (dual SIM), kalian juga dapat membandingkan sinyal jaringan kedua operator tersebut dalam satu area yang sama.

Coba tonton video ini dulu!

Gunakan opsi Pilih Jaringan

Pada semua handphone dan smartphone, pasti punya menu pilih jaringan. Menu ini dapat kalian gunakan untuk mengecek sinyal semua operator seluler.

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Pilih Jaringan Seluler
  3. Pilih Operator

Langkah-langkah di atas mungkin sedikit berbeda disetiap ponsel. Namun, intinya sama yaitu memilih operator seluler

Begitu kalian membuka opsi pilih operator, ponsel akan otomatis mencari operator seluler yang sinyalnya ditangkap oleh ponsel tersebut. Ponsel akan menampilkan daftar operator seluler yang sudah menjangkau daerah yang kalian tempati.

Baca juga : Cara mengecek sinyal wifi terbaik di sekitar kalian

Mengecek sinyal operator dengan aplikasi OpenSignal

Pada cara mengetahui sinyal sebelumnya dapat dilakukan secara langsung lewat handphone atau smartphone. Kali ini, caranya dengan menggunakan aplikasi mobile yang bernama OpenSignal. Dengan aplikasi ini, kalian tidak hanya bisa mengecek sinyal operator saja. Tapi juga dapat mengetahui jangkauan sinyal jaringan dan menguji kecepatan koneksi data (internet) dari operator tersebut.

Download aplikasi OpenSignal

Pertama, tentu kalian harus mengunduh aplikasi OpenSignal terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat kalian cari pada layanan Google Play Store atau link di sini. Bagi pengguna iPhone, kalian juga dapat mencarinya lewat layanan Apple App Store atau link di sini.

Fungsi penting dari aplikasi OpenSignal

  • Speed/Video test
  • Network stats
  • Coverage
  • Dashboard

Speed test : berfungsi untuk menguji kecepatan koneksi internet yang disediakan oleh operator seluler. Jika sudah terdaftar dalam layanan data, kalian dapat menggunakan fungsi ini. OpenSignal akan menguji kecepatan ping, download, dan upload.

Video Test : berfungsi untu menguji kualitas koneksi internet untuk layanan streaming video. Kalau kalian suka menonton video/film streaming, coba gunakan fitur ini. Kalian akan tahu kemampuan jaringan internet yang ditawarkan oleh operator seluler.

Network stats : berfungsi untuk memeriksa jangka waktu koneksi ponsel dengan sinyal jaringan operator.

Coverage : Fitur unggulan dari aplikasi OpenSignal. Gunanya untuk mengetahui daerah-daerah yang terjangkau sinyal semua operator dengan beberapa jenis jaringan. Dalam bagian ini, tersedia peta dengan tanda hijau dan merah untuk yang merepresentasikan area jangkauan sinyal. Kalian harus mengaktifkan penanda lokasi ponsel bila ingin menunjuk ke area tertentu.

Selain jangkauan sinyal, kalian juga dapat memeriksa kecepatan koneksi data dari setiap operator seluler pada area yang diinginkan 

Dashboard : Berfungsi untuk memeriksa sinyal dan posisi tower operator seluler. Pada bagian ini, kalian bisa menemukan tower operator terdekat yang terhubung dengan ponsel.

Baca juga : 6 Cara Menghemat Baterai Pada Gadget Biar Tahan Lama

Itulah beberapa cara mengecek sinyal operator seluler terbaik di daerah kalian. Perlu diperhatikan, informasi sinyal operator pada aplikasi OpenSignal mungkin tidak 100% akurat. Mungkin dalam kondisi yang sebenarnya bisa saja berbeda dari aplikasi. Semua operator seluler pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perlu diketahui, sinyal operator selular sangat berpengaruh pada kinerja ponsel. Semakin baik kualitas sinyal, kinerja ponsel juga lebih bagus. Sebaliknya, jika kualitas sinyal buruk, ponsel akan terus bekerja mencari sinyal yang pas.

Hal tersebut mengakibatkan kinerja ponsel semakin berat. Akibatnya, kadang ponsel akan terasa panas. Daya baterai juga akan lebih cepat habis.

Kita semua berharap operator seluler di negara ini dapat mewujudkan infrastruktur telekomunikasi yang baik dan merata agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Artikel ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih layanan seluler terbaik yang sesuai dengan daerah yang kalian tempati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat....

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar