Skip to main content

Cara Mudah Mematikan AdBlock Pada Google Chrome dan Firefox

Saat browsing internet, kalian pasti sering menjumpai website, blog, media sosial, atau forum yang disisipi oleh iklan tertentu. Ya, iklan saat ini menjadi salah satu sumber pendapatan bagi penyedia konten di internet. Advertising atau periklanan di dunia maya juga sangat ampuh untuk promosi produk maupun layanan jasa.

Namun, tak jarang iklan-iklan yang tampil justru sangat mengganggu kenyamanan pengguna internet. Bahkan, sering kali iklan tersebut berisi konten yang tidak pantas untuk disebarkan di ruang publik. Oleh karena itu, banyak pengguna internet yang menggunakan tool dengan nama AdBlock.

AdBlock adalah add-on atau fitur tambahan pada web browser yang berfungsi untuk memblokir atau menghilangkan berbagai jenis iklan. Ketika dipasang, Adblock akan memblokir link atau skrip iklan pada halaman web sehingga tidak akan tampil dalam browser.

Sayangnya, banyak halaman web yang tidak dapat diakses ketika fitur adblock aktif. Mau tak mau, fitur adblock harus dimatikan agar website atau blog tersebut dapat dibuka dan iklannya tampil.

Nah, bagaimana cara mematikan adblock pada web browser terutama Google Chrome dan Mozilla Firefox ? Berikut ini penjelasan dari Tekno Jempol untuk kalian

Mematikan adblock pada Google Chrome

Secara default, aplikasi browser Google Chrome (pada komputer desktop/laptop) tidak menyediakan ekstensi atau add-on Adblock. Jika ingin mencoba ekstensi ini, kalian dapat mengunjungi halaman web Chrome Web Store. Di sana kalian dapat mencari ekstensi tersebut melalui kotak pencarian dengan kata kunci "adblock". Berikut ini pilihan ekstensi Adblock yang dapat digunakan

Untuk menginstallnya sangat mudah. Pilih salah satu ekstensi di atas, kemudian klik tombol Add to Chrome. Browser akan otomatis mengunduh dan memasang ekstensi tersebut. Setelah terinstall, akan muncul ikon Adblock di samping address bar (bagian kanan atas layar).

Cara mematikan Adblock pada Google Chrome juga sangat mudah. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Klik ikon ekstensi Adblock di bagian kanan atas layar
  2. Pilih Pause atau Disable.
  3. Ikon ekstensi Adblock akan berubah warna, biasanya menjadi warna abu-abu atau hijau
Baca juga : Begini Cara hemat Kuota Youtube agar tidak boros

Cara alternatif menonaktifkan Adblock pada Google Chrome Android.

  1. Buka menu Chrome (ikon titik tiga) di ujung kanan atas layar
  2. Pilih More tools
  3. Pilih Extensions
  4. Klik slider pada ekstensi AdBlock
  5. Slider akan berganti arah dan berubah menjadi warna abu-abu. Ikon ekstensi Adblock juga akan hilang
  6. Jika ingin menghapusnya, klik tombol Remove

Mematikan adblock pada Mozilla Firefox

Sama halnya dengan Google Chrome, browser Mozilla Firefox juga tidak menyertakan add-on Adblock secara default. Kalian harus menginstall sendiri add-on tersebut jika ingin mencobanya. Add-on adblock untuk browser Mozilla Firefox dapat kalian cari pada situs resmi Firefox Add-ons.

Pada halaman web Firefox Add-ons, kalian bisa mencari add-on tersebut lewat kotak pencarian dengan kata kunci "adblock". Add-on Firefox untuk memblokir iklan diantaranya

Cara memasang add-on di atas sangat mudah, tidak jauh berbeda seperti pada Google Chrome. Kalian tinggal membuka halaman add-on yang diinginkan, kemudian klik tombol Add to Firefox. Browser Firefox akan langsung mengunduh dan menginstall add-on tersebut. Kalian mungkin akan dimintai konfirmasi dan cukup klik Yes/OK.

Baca juga :Begini Cara Menghapus Riwayat Web Browser Secara Otomatis

Setelah terpasang, ikon add-on adblock akan muncul di bagian kanan atas jendela browser Firefox. Berikut ini cara menonaktifkan add-on adblock pada Mozilla Firefox.

  1. Klik ikon ekstensi Adblock di bagian kanan atas layar
  2. Pilih Disable.
  3. Ikon ekstensi Adblock akan berubah warna, biasanya menjadi warna abu-abu atau hijau

Kalian juga dapat menggunakan cara alternatif mematikan Adblock pada Mozilla Firefox. Begini langkah-langkahnya

  1. Buka menu Firefox (ikon tumpukan tiga garis) di ujung kanan atas layar
  2. Pilih Add-ons
  3. Atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + A
  4. Pilih Extensions
  5. Pilih add-on Adblock
  6. Klik tombol Disable untuk mematikan sementara. Ikon ekstensi Adblock akan berubah warna menjadi abu-abu.
  7. Jika ingin menghapusnya, klik tombol Remove

Tambahan! Mematikan Adblock pada UC Browser

Browser ini berbeda dengan kedua browser di atas. UC Browser secara resmi, ternyata sudah menyertakan fitur Adblock di dalamanya. Jadi tidak perlu menginstall ekstensi atau add-on adblock secara manual.

Cara mengaktifkan fitur adblock pada UC Browser PC

  1. Buka menu (ikon tumpukan tiga garis) di ujung kanan atas layar
  2. Pilih Settings
  3. Pilih AdBlock
  4. Centang pada pilihan Adblock. Untuk mematikannya, hilangkan tanda centang.

Mengaktifkan fitur Adblock pada UC Browser Android

  1. Pertama, buka aplikasi UC Browser padasmartphoneatau handphone Android kalian
  2. Buka menu utama (ikon tiga garis) di tengah bawah layar
  3. Tap Settings (pengaturan) di sisi kiri bawah layar (ikon roda gerigi)
  4. Buka submenu Add-on
  5. Pilih Ad Block
  6. Aktifkan slider Ad-Blocker dan Powerful Ad Blocker
  7. Untuk mematikannya, geser slider dari kedua pilihan tersebut.

Ekstensi atau add-on di atas sebetulnya sudah menyertakan menu untuk nonaktif secara selektif. Maksudnya, fitur Adblock dapat diatur untuk disable atau nonaktif pada situs web atau halaman web tertentu. Jadi, tidak perlu mematikan fitur Adblock secara keseluruhan.

Kalian dapat memilih menu Disable/Pause for this site/page. Dengan begitu, iklan dalam situs atau halaman web tersebut tetap akan tampil. Fitur Adblock tetap bisa berjalan normal pada situs atau halaman web lainnya.

Itulah beberapa cara mematikan fitur Adblock pada browser Google Chrome dan Firefox. Yang perlu diperhatikan, dengan menonaktifkan adblock, kalian secara tidak langsung ikut mendukung pengembangan situs web yang diakses. Iklan akan menjadi pemasukan untuk pengelola agar dapat mengembangkan situs web tersebut menjadi lebih baik.

Memasang adblock pada browser memang tidak salah. Selain alasan kenyamanan, juga untuk keamanan. Sebab, kadang iklan pada website/blog tertentu ternyata mengandung aplikasi yang berbahaya untuk pengguna internet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar