Skip to main content

Cara Mudah Kompress PDF Lewat HP Hingga 70%

File berformat PDF saat ini cukup dibutuhkan. Misalnya jika kita sedang membuat dokumen, entah itu untuk skripsi, tesis, jurnal bahkan lamaran pekerjaan, kebanyakan persyaratan yang diberikan adalah dokumennya harus berformat PDF.

Hal ini bukan tanpa alasan, karena melalui PDF kita bisa memasukkan banyak tulisan sekaligus gambar dalam bentuk Read only. Jadi bisa dibilang untuk mempermudah. Nah, file PDF sendiri punya size yang berbeda-beda, tergantung dari banyaknya tulisan, serta gambar yang ada didalamnya. Sizenya bahkan bisa mencapai ratusan MB lho..

Walau begitu, kebanyakan lembaga atau perusahaan yang meminta persyaratan dokumen PDF, biasanya meminta agar file PDF tersebut memiliki ukuran kecil (Minimal beberapa MB atau ratusan KB). Namun bagaimana jika file PDF yang kita buat ternyata ukurannya besar? Pastinya akan tertolak bukan?.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda tidak perlu bingung, karena disini saya ingin membahas bagaimana caranya untuk mengecilkan ukuran PDF, dengan catatan khusus untuk HP Android.

Mengecilkan ukuran PDF lewat HP menggunakan situs SmallPDF.com

Situs SmallPDF, merupakan salah satu situs dengan banyak sekali layanan fitur PDF didalamnya. Di situs ini Anda bisa melakukan banyak perubahan pada file PDF, misalnya meng-convert PDF ke format tertentu, menggabung atau memisahkan file PDF, mengecilkan PDF dan masih banyak lagi.

Dan khusus untuk mengecilkan PDF, situs ini memiliki fungsi compress yang cukup bagus. Bahkan dalam beberapa situasi, situs ini bisa mengecilkan PDF Anda dari beberapa MB hingga ratusan KB atau kurang.

Nah, untuk menggunakan situs ini di Android, Anda tentunya memerlukan sebuah browser. Lengkapnya kita bahas caranya dibawah.

  • Silakan install terlebih dahulu aplikasi browser seperti Google Chrome atau yang lainnya, kemudian buka browsernya.
  • Buka situs SmallPDF.com, setelah itu pilih kategori Compress PDF
  • Klik Choose File kemudian silakan pilih file PDF yang ingin Anda compress
  • Tunggu proses upload dan konversinya selesai. Jika sudah, Anda bisa langsung menyimpan hasilnya ke HP Anda.

Bisa dilihat pada gambar diatas, untuk pengetesan saya menggunakan file PDF dengan ukuran sekitar 1MB. Dan menggunakan SmallPDF, file tersebut berhasil dikurangi menjadi 306KB atau sekitar 70.44% lebih kecil. Lumayan sekali bukan ?

Tapi yang perlu diingat, hasil kompresnya sendiri variatif. Tergantung dari isi PDF serta gambar-gambar didalamnya (Ini yang paling ngaruh).

Kompress PDF Memakai Android Lewat Situs PDFCompressor.com

PDFCompressor.com, adalah situs website khusus untuk layanan PDF. Namun, pada situs ini kita hanya akan menemukan satu fitur, yakni untuk mengecilkan ukuran PDF. Untuk fungsinya saya pribadi cukup merekomendasikan. Alasannya karena situs ini bisa mengurangi size dari file PDF mulai dari 20-30% hingga 80% atau lebih.

Nah, untuk Anda yang penasaran bagaimana cara menggunakannya, lebih baik kita bahas caranya langsung di bawah.

  • Buka Browser di HP Anda >> Kemudian buka situs PDFCompressor.com
  • Klik Upload files, kemudian silakan pilih file PDF yang ingin Anda compress.
  • Setelah proses upload dan convertnya selesai, Anda bisa langsung menyimpan file PDF tersebut ke HP Anda.

Sedikit info : PDFCompressor, juga menyediakan sebuah software offline yang bisa dijalankan di PC atau Laptop. Jika Anda membutuhkannya, Anda bisa membaca caranya di memperkecil size PDF hingga ratusan KB.

Kompress PDF dari HP Dengan Aplikasi Compress PDF

Jika 2 cara sebelumnya dilakukan lewat browser, untuk cara ini kita akan membahas cara kompresnya lewat aplikasi. Yakni dengan menggunakan aplikasi IlovePDF. IlovePDF, adalah sebuah aplikasi layanan PDF dengan banyak fitur terkait PDF didalamnya. Contohnya, menggabung PDF, memisah PDF, sampai merubah PDF ke JPG juga bisa.

Dan untuk Anda yang ingin mengecilkan size PDF Anda memakai aplikasi ini, kita bahas cara penggunaannya di sini.

  • Pertama, silakan install terlebih dahulu aplikasi IlovePDF di Google Play Store, setelah itu buka aplikasinya
  • Selanjutnya, klik pada opsi Compress PDF
  • Klik pada pilihhan Device
  • Kemudian klik logo tambah (+), dan pilih file PDF yang ingin Anda compress.
  • Jika sudah ditambah, klik Next
  • Pilih metode Compression yang Anda inginkan. Untuk hasil yang maksimal (Dari segi kualitas dan size akhir), Anda bisa memilih Recommended Compression. Jika sudah, klik Compress
  • Tunggu proses kompressnya. Jika sudah, Anda bisa langsung mengecek file PDF tersebut

Mengurangi ukuran PDF tidaklah sulit. Dengan 3 cara diatas, Anda bisa mengurangi size PDF Anda hingga berkurang sangat banyak.

Sebenarnya masih ada beberapa cara lain yang tidak saya bahas. Alasannya, karena cara-cara tersebut kurang mudah dilakukan jika dilihat dari segi penggunaan. Apalagi beberapa juga hasil kompressnya kurang maksimal.

Tapi jika Anda punya saran lain, entah itu situs atau aplikasi, jangan ragu untuk membagikannya lewat kotak komentar dibawah. Sekian, semoga bermanfaat...


Artikel dikirim oleh :

Dzikri Azqiya
Cirebon, Jawa Barat
Blog : http://www.leskompi.com/
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar