Skip to main content

Mudah! Begini Cara Download Video Youtube di Browser

Beberapa waktu yang lalu, Tekno Jempol sudah mengulas cara mengunduh video Youtube menggunakan aplikasi Tubemate. Nah, kali ini Tekno Jempol akan kembali menjelaskan cara download video Youtube di browser dengan mudah dan gratis.

Ini berarti tanpa aplikasi tambahan apapun. Dengan begitu, akan sangat mudah dan praktis karena cukup memakai aplikasi browser yang pasti sudah terpasang pada laptop, komputer, atau smartphone Android/iPhone kalian.

Cara Download Video Youtube di Browser

Lalu, bagaimana caranya ? Ikuti langkah-langkah berikut ini

  • Pertama, tentu buka aplikasi web browser di komputer/laptop atau smartphone. Kalian bisa menggunakan web browser apapun semisal Google Chrome, Edge, Mozilla Firefox, UCBrowser, Opera, atau browser apapun. Jangan lupa untuk online alias menghubungkan ke internet terlebih dulu.
  • Kemudian, buka halaman web Youtube.
  • Cari video yang ingin kalian unduh.
  • Setelah video tersebut muncul, klik/tap tombol pause. Tujuannya supaya proses download bisa lebih cepat dan tidak memakan banyak kuota. Namun, kalian boleh memutarnya sebentar untuk sekedar mereviewnya.
  • Sekarang, periksa link URL pada baris alamat atau address bar pada web browser. Di situ tertera link lengkap video Youtube tersebut. Contoh : https://www.youtube.com/watch?v=NrCeOD8pdns (Video berjudul LAGI SYANTIK - SITI BADRIAH - VERSI UPIN IPIN LAGI PUASA) atau pada versi mobile https://m.youtube.com/
  • Nah, ubah URL www.youtube.com atau m.youtube.com menjadi
    ssyoutube.com
  • Klik/tap tombol Go atau tombol Enter
  • Akan muncul halaman Savefrom.net
  • Pada kotak Download, pilih resolusi video yang diinginkan. Resolusi video yang tinggi akan menghasilkan ukuran file video yang diunduh semakin besar. Oleh karena itu, sebaiknya download video dengan resolusi yang menurut kalian tidak begitu tinggi agar tidak banyak memakan kuota internet. Jika kalian menggunakan layanan internet premium tanpa batasan kuota, mungkin kalian bisa memilih resolusi video Youtube HD (720p atau 1080p)
  • Proses unduhan akan segera dimulai
  • Jika proses download tidak otomatis berjalan, klik Options (titik tiga) di pojok kanan bawah video kemudan pilih Download

Video Youtube yang sudah selesai diunduh bisa kalian lihat pada folder Downloads dalam Windows Explorer atau File Manager. Sesudah itu, kalian bisa menontonnya langsung secara offline lewat handphone, komputer, laptop atau perangkat lain.

Perlu dipahami, mungkin ada video Youtube yang kalian inginkan ternyata tidak bisa diunduh lewat Savefrom. Hal ini dikarenakan video tersebut sudah dilindungi hak cipta. Jadi, silahkan cari video lain yang masih bisa didownload.

Di sini, Tekno Jempol menyarankan jika video Youtube yang sudah kalian unduh sebaiknya cuma untuk konsumsi pribadi atau sebagai bahan rujukan pribadi. Jangan gunakan video tersebut untuk bahan komersialisasi. Kenapa begitu ? Sebab, video yang kalian unduh bisa jadi sudah terikat hak cipta.

Kalau mau memakai video tersebut untuk kepentingan komersialisasi atau diupload ulang (reupload), sebaiknya kalian minta izin pada pemilik video yang bersangkutan. Patuhi hukum hak cipta, hargai karya kreatif orang lain, dan jauhi pembajakan....!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar