Skip to main content

Begini Cara Hemat Kuota Youtube Agar Tidak Boros

Saat ini, Youtube telah menjadi salah satu media paling populer di dunia. Menonton video Youtube sudah menjadi rutinitas pengguna internet "zaman now". Video Youtube yang begitu beragam dan unik memang menjadi daya tarik tersendiri. Di Indonesia, beberapa operator internet juga menawarkan layanan untuk memanjakan pelanggan saat menonton video Youtube.

Umumnya, akses internet di Indonesia ditawarkan dalam sistem kuota bandwidth. Jika ingin menonton video Youtube, kamu harus menyiapkan kuota internet yang memadai. Hal ini dikarenakan akses streaming video Youtube membutuhkan bandwidth yang tidak sedikit. Belum lagi harga kuota internet yang masih terasa agak mahal.

Baca juga : Terbukti! Ini Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone Android

Kamu yang hobi menyaksikan video Youtube tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, Tekno Jempol akan menjelaskan cara hemat Youtube. Dengan begitu, kamu tidak akan cepat kehabisan kuota internet kalau sering nonton video Youtube.

Cara hemat kuota Youtube agar tidak boros

Mengatur aplikasi Youtube hemat kuota

  1. Kamu bisa menggunakan aplikasi Youtube pada smartphone Android atau iPhone
  2. Pertama, buka aplikasi Youtube
  3. Tap gambar akun di pojok kanan atas aplikasi
  4. Pilih menu Settings/Pengaturan
  5. Pilih menu Data Saving
  6. Aktifkan pilihan Data saving mode. Jika pilihan ini aktif, maka video Youtube yang kamu tonton akan menggunakan resolusi yang tidak terlalu menghabiskan banyak kuota internet
  7. Selanjutnya, cari menu Video quality preferences.
  8. Pada bagian Video Quality on Mobile Networks, pilih Data saver.
  9. Nantinya, video Youtube yang ditonton akan menggunakan kualitas resolusi yang rendah.
Baca juga : Daftar Paket Kuota Data Internet Murah dari Operator Selular Indonesia

Secara default, Youtube akan memutar video berikutnya secara otomatis begitu video sebelumnya selesai. Hal ini tentu dapat memakan kuota internet secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kamu perlu mematikan fitur Autoplay atau putar otomotis. Berikut ini caranya

  1. Masih dalam menu Settings/Pengaturan dalam aplikasi Yuotube Android
  2. Pilih menu Autoplay
  3. Nonaktifkan pilihan Autoplay next video. Dengan begitu, video Youtube berikutnya tidak akan diputar secara otomatis
  4. Jika kamu menonton video Youtube lewat browser PC/laptop, nonaktifkan fitur Autoplay pada bagian kanan atas daftar video
Baca juga : Cara hemat Kuota Internet Pada HP Android

Menurunkan kualitas/resolusi video

Seperti yang kamu tahu, resolusi video menentukan kualitas. Semakin tinggi resolusi video Youtube, makin bagus pula kualitas video tersebut. Berbanding lurus dengan kualitasnya, beban streaming video ketika diputar juga akan semakin besar sehingga dapat memakan banyak kuota internet.

Jadi, kamu harus menurunkan resolusi video sebagai cara agar tidak boros kuota internet terlalu banyak. Begini langkah-langkahnya

  1. Jika kamu menonton video Youtube via aplikasi dalam Android/iPhone
  2. Tap ikon Options pada pojok kanan atas video
  3. Pilih menu Quality
  4. Pilih resolusi video sesuai keinginan. 
  5. Ingat! Makin tinggi resolusi video, makin banyak bandwidth kuota yang digunakan. Pilihan paling bijak ada pada opsi Data saver. Bila menggunakan opsi ini, kamu akan mendapatkan kualitas video paling rendah dengan penggunaan kuota paling rendah juga
  6. Sebaliknya, jika ingin menonton video Youtube dengan kualitas terbaik, kamu bisa memilih opsi High picture quality. Untuk video dengan resolusi ini, kamu sebaiknya memakai akses internet dengan kuota unlimited.
  7. Pilihan resolusi Auto akan disesuaikan dengan kecepatan akses internet yang kamu gunakan.
  8. Jika kamu menonton video Youtube lewat browser PC/laptop
  9. Klik ikon Settings/Pengaturan (ikon roda gerigi)
  10. Klik opsi Quality
  11. Pilih resolusi video sesuai keinginan
  12. Mengurangi resolusi merupakan cara hemat menonton video Youtube di laptop/PC.

Download video Youtube

Mengunduh atau memutar langsung (streaming) video Youtube sebetulnya sama-sama menggunakan kuota. Tapi, download video Youtube mungkin lebih hemat kuota karena cukup dilakukan sekali. Sedangkan, menonton langsung akan lebih boros kuota karena bisa dilakukan berkali-kali.

Video Youtube yang telah diunduh bisa ditransfer ke media lain seperti PC atau laptop dan dapat disaksikan secara offline mengurangi kuota atau memerlukan akses internet.

Cara mengunduh video Youtube sangat mudah. Dalam aplikasi Youtube pada Android sudah menyediakan fitur Download untuk memudahkan kamu mengunduh video favorit. Jika ingin menyimpan video Youtube ke media lain, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Baca juga : Mudahnya Download Video Youtube Dengan Aplikasi Tubemate

Kamu juga dapat mengunduh video Youtube lewat browser. Caranya dapat kamu ikuti lewat artikel dengan judul Cara Download Video Youtube di Browser. Cara tersebut sangat mudah dan bisa dilakukan di semua perangkat.

Menggunakan kuota khusus streaming video Youtube

Beberapa penyedia layanan internet di Indonesia menawarkan paket spesial untuk menonton video Youtube. Pada paket tersebut tersedia kuota internet khusus untuk bandwidth atau streaming video. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan video Youtube tanpa mengurangi kuota utama.

Jika memang hobi menonton video Youtube, kamu dapat memanfaatkan layanan kuota tersebut. Carilah paket internet khusus yang menyediakan layanan seperti di atas. Mungkin harganya sedikit lebih mahal, namun kuota yang tersedia lebih banyak.

Bila tidak menemukan paket khusus tersebut, kamu juga bisa menggunakan kuota bonus yang umumnya cukup besar. Hanya saja, kuota bonus tersebut cuma berlaku pada waktu-waktu tertentu seperti tengah malam hingga pagi hari.

Nah, kamu bisa memanfaatkan kuota bonus tersebut untuk menyaksikan video Youtube. Tentunya kamu harus bangun lebih pagi agar bisa mendapatkan kuota bonus tersebut.

Memanfaatkan akses internet gratis

Terakhir, bila benar-benar tidak memiliki kuota, kamu bisa menggunakan akses internet berupa wifi/hotspot gratis di sekitar tempat tinggalmu. Wifi/hotspot gratis ini bisa kamu temui di tempat-tempat umum seperti kantor pelayanan publik, sekolah, taman, tempat rekreasi/wisata, kafe, warung, pasar, dan sebagainya.

Baca juga : Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser

Meski akses internetnya gratis, kamu mungkin tetap harus mengeluarkan biaya seperti transportasi, parkir, atau camilan dan kopi untuk menemani saat menonton video Youtube. Itung-itung untuk mengganti biaya kuota internet.

Demikian cara menghemat kuota internet saat menonton video Youtube. Jika kamu mau mencobanya, dijamin nonton video Youtube lebih nyaman dan kuota bisa hemat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar