Skip to main content

8 Cara Mengatasi Handphone Lemot Secara Efektif

Pada artikel sebelumnya, kamu sudah membaca tentang cara mengatasi laptop lemot Windows 10. Nah, artikel kali ini Tekno Jempol akan membahas cara mengatasi handphone lemot. Handphone (HP) lemot memang cukup menjadi persoalan bagi banyak pengguna gadget. Penurunan kinerja smartphone bisa menghambat banyak aktifitas terutama saat berkomunikasi.

Penyebab kinerja HP jadi lambat mungkin tidak jauh berbeda dengan penyebab laptop lemot. Seperti yang kamu tahu, gadget seperti smartphone Android dan iPhone memiliki sistem serupa dengan komputer. Jika kamu mengalami HP lemot, kamu dapat melakukan beberapa cara mempercepat HP Android/iPhone. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara mengatasi handphone lemot tanpa root & aplikasi tambahan

Daftar isi

Penyebab HP Android jadi lemot

HP lemot karena apa ? Ada beberapa hal yang dapat membuat performa handphone jadi menurun. Umumnya disebabkan karena cara pemakaian yang kurang tepat. Hal ini yang seringkali tidak disadari oleh banyak pengguna ponsel pintar. Pemakaian ponsel Android yang tidak tepat dapat dilihat dari tanda-tanda berikut

Aplikasi yang berjalan cukup banyak

Inilah penyebab utama ponsel Android melambat kinerjanya. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin besar pula beban sistem yang memproses. Kalau HP Android punya spesifikasi yang memadai, banyak aplikasi yang dijalankan tentu tak jadi masalah. Sebaliknya, jika spesifikasinya tidak terlalu bagus sudah pasti kinerjanya menjadi lemot.

Banyaknya aplikasi yang terinstall

Adanya layanan Google Playstore atau AppStore, membuat banyak pengguna dapat menginstall berbagai aplikasi yang diinginkan. Mulai dari aplikasi yang penting hingga aplikasi permainan. Atau bahkan hanya untuk sekedar coba-coba.

Yang jadi masalah, aplikasi tersebut tetap terpasang meski sudah tidak dibutuhkan. Bahkan, tidak hanya satu tapi beberapa aplikasi. Tentu hal ini akan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Aplikasi yang terus diupdate juga akan menambah ukurannya

Memori penyimpanan internal penuh

Tidak hanya aplikasi yang bikin penyimpanan sesak, tapi juga file-file pengguna seperti foto, video, audio, dan dokumen. Adanya fitur kamera atau perekam media yang bikin pengguna handphone tak mau kehilangan momen-momen terbaik. Sehingga mereka harus selalu merekam dan menyimpannya dalam ponsel.

Jika terus merekam tanpa memperdulikan kapasitas penyimpanan, sudah pasti handphone akan menjadi lemot. Memori penyimpanan akan semakin penuh dan kinerja handphone akan menurun.

Kinerja baterai yang tidak maksimal

Mungkin baterai tidak akan terlihat pengaruhnya pada kinerja ponsel. Namun, setelah dua atau tiga tahun pemakaian, baterai mungkin akan terasa pengaruhnya. Handphone akan menjadi lemot sementara kemampuan baterai juga akan menurun.

Restart handphone

Bagaimana cara agar HP tidak lemot ? Cara mengatasi handphone lemot paling mudah yaitu melakukan restart. Handphone yang lemot akan dimulai ulang sehingga segala hal yang berpotensi menghambat kinerja akan dihilangkan dan sistem bisa beroperasi seperti semula. Cara semacam ini juga bisa diterapkan pada tablet, smartphone, atau bahkan laptop.

Restart juga ampuh sebagai solusi mengatasi masalah handphone yang terasa panas. Masalah handphone panas umumnya disebabkan karena komponen hardware bekerja terlalu keras akibat beban aplikasi yang berat. Untuk merestart handphone, kalian cukup menekan tombol power yang umumnya berada disisi body HP selama beberapa detik lalu pilih menu restart (atau mulai ulang).

Menutup aplikasi yang tidak diperlukan

Berikutnya, jika cara di atas belum berhasil maka kamu harus menutup aplikasi pada handphone yang tidak terlalu diperlukan. Platform Android atau iOS pada iPhone memungkinkan kamu untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Sayangnya, banyak pengguna tidak sadar telah membukan banyak aplikasi dan lupa menutup jika telah selesai digunakan. Hal ini menyebabkan memori RAM HP penuh padahal aplikasi sedikit yang diinstall.

Setelah selesai digunakan, sebaiknya kamu menutup aplikasi tersebut agar HP tidak lemot dan panas. Untuk menutup aplikasi yang sudak tidak diperlukan, kamu cukup memilih menu close/exit pada masing-masing aplikasi tersebut. Jika sudah terlanjut membuka banyak aplikasi, berikut ini cara yang bisa dilakukan

  • Tekan menu di bagian kiri bawah layar smartphone Android
  • Akan tampil beberapa aplikasi yang sedang berjalan atau pernah dijalankan
  • Tap ikon close/exit (ikon X) pada aplikasi yang sudah tidak diperlukan.
  • Bisa juga dengan membuka menu Task manager
  • Pilih aplikasi yang ingin ditutup, kemudian tap tombol Stop

Kamu juga bisa menutup aplikasi lewat Pengaturan Android

  • Buka aplikasi Settings/Pengaturan
  • Pilih menu Apps/Aplikasi
  • Cari kolom/tab Running Apps
  • Pilih aplikasi yang ingin ditutup, kemudian tap tombol Stop
  • Pada bagian ini, kamu sebaiknya berhati-hati karena di sini juga terdapat aplikasi untuk sistem Android. Jangan menutup semua aplikasi khususnya jika kamu tidak memahami aplikasi yang sedang berjalan tersebut. Cukup menutup aplikasi yang biasa kamu gunakan seperti browser, games, pemutar musik/video, dan lainnya.

Untuk mengatasi HP lemot saat bermain game, sebaiknya kamu hanya memasang aplikasi yang diperlukan saja. Ini juga untuk menghindari memori penyimpanan penuh yang bisa bikin HP lemot.

Uninstall aplikasi yang tidak dibutuhkan

Saat ini, aplikasi dalam handphone Android punya ukuran yang lumayan gede. Jika terus diupdate, ukurannya akan semakin besar seiring dengan bertambahnya fitur. Jika sadar dengan kapasitas handphone, sebaiknya kamu mulai hapus aplikasi tersebut terutama yang sudah tidak dibutuhkan atau yang jarang dipakai.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, memori penyimpanan akan semakin lega. Beban yang harus ditanggung oleh sistem juga akan berkurang. Performa handphone Android juga akan semakin meningkat.

Kalaupun tidak ingin dihapus, kamu juga dapat memindahkan aplikasi tersebut ke dalam penyimpanan eksternal yang tersedia (misalnya MicroSD). Syaratnya, aplikasi tersebut harus mendukung penempatan dalam memori penyimpanan eksternal. Cara memindahkan aplikasi juga cukup mudah.

  1. Buka pengaturan handphone Android
  2. Pilih menu Aplikasi
  3. Tentukan aplikasi yang akan dipindah
  4. Pilih opsi penyimpanan
  5. Ubah opsi penyimpanan dari memori perangkat ke memori eksternal

Bersihkan cache dalam memori penyimpanan

Untuk yang tidak tahu, cache adalah sekumpulan data sementara dari aplikasi yang kerap/pernah dipakai oleh pengguna. Fungsinya supaya aplikasi tersebut lebih cepat dibuka khususnya ketika digunakan secara rutin. Hanya saja saat aplikasi digunakan, ukuran cachenya akan semakin bertambah besar seiring waktu.

Hal ini bisa menyebabkan kapasitas penyimpanan menjadi penuh dan membuat performa handphone jadi lemot. Oleh sebab itu, kalian mesti rajin membersihkan cache dalam ruang penyimpanan. Cara membersihkan cache HP sebenarnya juga cukup gampang.

Berikut ini cara menghapus cache pada handphone Android

  1. Buka menu Settings pada ponsel Android kalian
  2. Pilih Apps atau Manage Apps
  3. Pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya terutama aplikasi yang sering dipakai
  4. Pilih Clear data 
  5. Jika diminta konfirmasi, tap tombol OK untuk membersihkan cache
  6. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk aplikasi yang lain

Kalian bisa memanfaatkan fitur Maintenance, Clear cache, Clean Master dkk atau fitur serupa yang tersedia dalam handphone Android. Fitur seperti ini biasanya telah menyediakan fasilitas untuk membersihkan cache dalam ruang penyimpanan.

Rajin backup data

Seringkali, banyak pengguna handphone Android yang tidak sadar atau bahkan lupa jika sudah menyimpan banyak data dalam ponselnya. Data tersebut kebanyakan foto, video dan lagu. Data-data ini yang justru semakin menyesaki memori penyimpanan handphone.

Demi menghindari handphone lemot, kamu sebaiknya mulai rutin untuk membackup data-data dalam ponsel. Caranya, cukup pindahkan data tersebut ke penyimpanan eksternal seperti kartu SD. Jika masih kurang, kamu dapat memindahkannya ke PC/laptop/hard disk eksternal.

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi layanan penyimpanan online seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, dall. Saat menggunakan layanan penyimpanan ini, kamu dapat mengaksesnya dari mana saja.

Kurangi kecerahan layar

Brightness atau kecerahan layar handphone mungkin tidak menyebabkan smartphone menjadi lemot. Tapi kecerahan layar akan membuat daya pemakain baterai handphone menjadi lebih cepat habis. Jika daya baterai sedikit, handphone akan menurunkan kinerjanya (menjadi lambat) agar sistem tetap hidup.

Sebagai saran, kamu bisa mengatur kecerahan layar secara otomatis. Jadi, jika kamu berada di luar ruangan dengan intensitas cahaya tinggi, kecerahan layar HP akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika kamu berada di dalam ruangan dengan intensitas cahaya rendah, kecerahan layar juga akan menyesuaikan. Dengan begitu, daya baterai tidak cepat habis dan handphone tidak akan lemot.

Kurangi penggunaan widget/kustomisasi yang berlebihan

Sistem operasi Android punya fitur berupa widget. Dengan widget ini, kamu bisa menjalankan fungsi-fungsi khusus tanpa harus mencari terlalu lama, misalnya mendapatkan informasi secara real-time. Widget juga kadang berfungsi untuk menambah estetika tampilan ponsel.

Sayangnya, penggunaan widget yang cukup banyak ternyata malah bikin handphone Android jadi lemot. Sebab, widget dapat memakan ruang RAM yang cukup banyak. Nah, sebaiknya kamu hanya memasang widget yang benar-benar kamu butuhkan saja. Misalnya, widget jam dan informasi cuaca.

Platform Android terkenal sangat mudah untuk dikustomisasi. Misalnya, mengganti launcher, merubah tema, mengubah ikon dan font, dan selainnya. Hal ini tentu akan membuat tampilan ponsel menjadi lebih indah.

Namun, kadang kustomisasi ini justru bikin HP Android menjadi lemot. Sebab, efek tampilan/visual juga menjadi beban untuk sistem. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak melakukan kustomisasi tampilan yang terlalu banyak. Cukup gunakan kustomisasi standar/default yang sudah tersedia dalam platform Android.

Tips penting agar HP Android/iPhone tidak lemot

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan pada handphone Android atau iPhone agar tidak lemot saat internetan atau bermain game

  • Pastikan daya baterai cukup untuk beraktifitas selama mungkin. (setidaknya minimal 30%)
  • Jika daya baterai masih banyak, sebaiknya fitur penghemat daya dimatikan. Fitur ini umumnya akan mengurangi kinerja handphone agar tidak cepat menghabiskan daya baterai.
  • Jika sedang berinternetan, pastikan pula kamu berada di area yang terjangkau sinyal terbaik dari operator seluler. Handphone akan bekerja keras mencari sinyal jika jauh dari area jangkauan operator seluler. Hal ini dapat menyebabkan pemakaian daya baterai menjadi tinggi.
  • Pastikan ponsel memiliki memori RAM dan penyimpanan dengan kapasitas besar. Jika tidak ada, kamu dapat menambahkan penyimpanan tambahan seperti kartu SD.

Demikian beberapa cara mengatasi HP lemot yang bisa kamu coba. Cara ini bisa kamu coba pada semua merk smartphone Android seperti Samsung, Sony, Asus, dan lainnya.

Sekali lagi, ini tergantung cara kamu memakai handphone/smartphone. Jika kamu menggunakan dengan wajar dan bijak, kemungkinan handphone tidak akan lemot. Yang paling penting, kamu harus sadar dan peka terhadap kapasitas handphone sendiri.

Selamat mencoba dan semoga cara ini berhasil dan bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar