Skip to main content

Cara Mengatasi Kecanduan HP, Internet, dan Game Online

Teknologi telah mengubah cara hidup umat manusia. Demikian pula saya dan anda yang membaca artikel ini. Pasti setiap hari tidak pernah lepas dari gadget, internet atau game online. Handphone atau smartphone dan akses internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib terpenuhi.

Hal tersebut bertujuan agar aktifitas semacam komunikasi dan bersosialisasi bahkan hiburan makin mudah dilakukan. Namun, jika kebutuhan akan gadget, internet, dan game online tidak terkontrol dengan baik akibatnya dapat menyebabkan kebiasaan yang berujung pada adiksi atau kecanduan.

Handphone, internet, dan game online merupakan hal yang berbeda. Tapi, saat ini hal tersebut tidak dapat dipisahkan. Hampir semua gadget terkini seperti laptop, handphone atau smartphone sudah pasti dapat terkoneksi dengan internet. Begitu pula dengan game online yang mengharuskan pemain terhubung dengan server online agar dapat memainkannya.

Cara mengatasi kecanduan HP, internet, dan game online ala Tekno Jempol

Daftar isi

Berkat kecanggihan teknologi, media bersosialisasi juga kini beralih dari dunia nyata ke dalam dunia maya. Kecanduan handphone, internet atau game online bukannya tanpa sebab. Teknologi gadget yang semakin canggih dan berkembang membuat semua orang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya demi mendapatkan gadget terbaru. Pencipta game online juga selalu memperbarui gamenya agar semakin menarik sehingga orang yang memainkannya betah berlama-lama memainkan game tersebut. Dinamika berbagai aspek kehidupan membuat banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk berselancar di dunia maya.

Kecanduan game. Credit : destinationsforteens.com

Selain itu, anak yang kecanduan gadget, internet, atau game online biasanya memiliki ciri-ciri khusus. Diantaranya mereka punya hubungan antarpersonal yang kurang baik. Mereka seringkali tidak mendapatkan tempat atau peran di lingkungannya. Dan untuk mengusir rasa bosan dan mengisi kekosongan diri, akhirnya mereka melampiaskan melalui perangkat teknologi dan dunia maya.

Bahaya adiksi atau kecanduan handphone, internet, dan game online cukup serius. Kita dapat kehilangan banyak momen penting dan berharga dalam hidup. Pengalaman-pengalaman hidup yang berkualitas juga tidak kita dapatkan jika kita menjadi pecandu teknologi.

Baca juga : Cara Mengatasi dan Mencegah Mata Lelah Akibat Menatap Layar Smartphone

Belum lagi dalam dunia maya terdapat banyak hal yang sifatnya negatif seperti kejahatan siber, pornografi, virus, bullying, dll yang sewaktu-waktu dapat mengancam diri kita. Kecanduan juga dapat mengurangi produktifitas kita saat melakukan aktifitas penting seperti belajar dan bekerja.

Lalu apa yang harus dilakukan agar anak tidak kecanduan gadget, internet atau game online ?  Berikut ini beberapa tips dan cara menghilangkan kecanduan HP, game online, atau internet.

Kesaadaran diri sendiri

Manusia adalah makhluk sosial. Sudah sewajarnya jika kita harus melakukan interaksi sosial dengan orang lain agar kehidupan kita lebih baik. Kita harus paham jika yang harus kita hadapi sehari-hari adalah kehidupan individu dan sosial yang nyata.

Teknologi hanyalah media yang mempermudah untuk berinteraksi dengan individu-individu lain. Jika kita terlalu sering berinteraksi dengan mesin atau teknologi maka interaksi dengan orang lain akan berkurang. Hubungan antar personal pun pasti akan terganggu.

Baca juga : Ayo Laporkan Akun dan Postingan Negatif di Media Sosial!

Buat aturan yang bijak

Kecanduan handphone dan internet seringkali tidak banyak menghasilkan manfaat. Justru, orang yang kecanduan tersebut lebih sering membuang waktu. Mereka menggunakan gadget dan internet hanya untuk mengakses hal-hal yang sifatnya hiburan dan kesenangan pribadi sesaat.

Oleh karena itu, cara mengatasi kecanduan handphone dan internet yang bisa dilakukan yaitu membuat aturan bijak mengenai waktu penggunaannya. Jika untuk hal-hal yang dirasa kurang bermanfaat, lebih baik handphone atau akses internet dimatikan.

Gunakan gadget dan internet sebijak mungkin seperti untuk berkomunikasi, bekerja, belajar, dan aktivitas penting lainnya. Sesekali boleh juga untuk kegiatan hiburan seperti game online asal tidak berlebihan.

Jika ada anak, saudara, atau keluarga yang mulai menjadi pecandu teknologi, anda harus segera melakukan kontrol dan pengawasan padanya. Berikan pemahaman yang baik tentang penggunaan handphone dan internet secara bijak. Cara ini ampuh untuk menghilangkan kebiasaan bermain gadget tanpa kenal waktu.

Bermain game online juga sebetulnya tidak perlu dilarang, namun tetap harus terkontrol pemakaiannya. Berikan tanggung jawab dari segala sesuatu yang dia lakukan pada gadgetnya. Bila perlu, handphone dan akses internetnya dipasang filter agar dia tidak mengakses hal-hal yang bersifat negatif.

Hindari mengakses hal-hal yang negatif

Sebagai pengguna teknologi, kita jangan sampai merugikan pengguna yang lain. Contohnya dengan tidak memposting hal-hal yang bersifat negatif atau yang dapat menyudutkan suatu pihak. Memberikan kritik tentu sangat diperbolehkan namun tetap harus dengan cara yang sopan dan baik.

Jika kritik disampaikan dengan kalimat yang tidak pantas, justru mengakibatkan hujatan dan caci maki. Postingan yang sifatnya SARA seringkali menimbulkan perdebatan panas oleh para pengguna (warganet). Akibatnya, banyak pengguna yang saling menjatuhkan pendapat pengguna lain. Inilah yang harus kita hindari!.

Usahakan lebih produktif dalam dunia maya

Daripada hanya membuka situs yang gak jelas tujuannya atau cuma main game sampai menghabiskan waktu, lebih baik fasilitas teknologi tersebut digunakan untuk melakukan hal-hal yang lebih positif.

Sudah saatnya mengganti status yang berisi keluh kesah, galau, gundah gulana atau komentar nyinyir menjadi konten yang inspiratif dan menyenangkan. Media sosial jauh lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal yang produktif seperti mencari penghasilan, berbagi informasi positif (seperti artikel yang anda baca ini), atau bertukar pikiran dalam forum/grup diskusi.

Selain mencari penghasilan, kegiatan produktif lain yang dapat dilakukan dalam dunia maya seperti mencari relasi, mengembangkan wawasan, dan mencari atau mendapatkan ide-ide baru.

Jlbirman1, CC BY-SA 3.0, via Wikimedia Commons

Lakukan aktivitas fisik secara nyata

Jika tidak sedang memegang handphone atau mengakses internet, ada banyak aktivitas fisik atau interaksi yang dapat dilakukan. Misalnya bermain dengan teman, berkumpul bersama keluarga, berolahraga, memperbanyak amal ibadah, hangout, traveling, dll. Hal tersebut bisa menjadi cara mengurangi kecanduan HP.

Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang secara fisik tentu jauh lebih baik ketimbang berjam-jam di depan gadget. Intinya, kita harus membangun komunikasi antar individu manusia sehingga tercipta hubungan antar personal yang lebih baik.

Menggunakan handphone, internet, dan game online bukan hal yang buruk. Namun, jika tidak terkontrol pemakaiannya, hasilnya juga tidak akan baik bagi diri kita. Salah satunya dapat mengakibatkan "penyakit kecanduan gadget". Handphone, smartphone, dan internet akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal yang vital seperti bekerja dan kegiatan komersial.

Kita mungkin dapat menggantungkan hidup lewat dunia maya. Namun, fisik dan pikiran kita ada dalam dunia nyata. Sesibuk apapun dalam dunia maya, kita mesti harus tetap mengatur kehidupan di dunia nyata. Jangan sampai kesibukan tersebut membuat kita melupakan hubungan sosial dengan keluarga, tetangga, teman atau saudara.

Dunia maya hanyalah media dan sarana untuk memudahkan hubungan dengan orang yang terpisah jarak dan waktu. Sangat ironis jika karena dunia maya, kita mendekat dengan orang yang jauh, namun menjauh dari orang yang dekat.

Teknologi diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Oleh karena itu, gunakan teknologi secara bijak atau teknologi yang akan menyulitkan anda. Semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar