Skip to main content

Cara Mengatasi Mata Lelah Karena Main HP Kelamaan

Kalian tiap hari mesti pegang handphone kan ? Jelas donk, kan handphone alias smartphone sudah jadi barang bawaan yang wajib dibawa kemana saja. Kalau gak pegang gadget, rasanya kayak ada kurang-kurangnya!

Tapi, kalau main handphone jangan kelamaan juga ya. Apalagi sampai terpaku menatap layar handphone gara-gara asyik main game atau nonton film.

Jika terlalu lama bermain handphone, kalian pasti akan merasakan gejala mata lelah. Sebab menatap layar handphone terlalu lama bisa bikin otot mata menjadi terasa kaku. Bola mata juga akan terasa kering dan kaku akibat jarang berkedip. Kalau sudah begini, mata bisa menjadi lelah.

Hati-hati, jika mata sering kelelahan bisa membuat penglihatan kalian jadi terganggu lho! Efeknya, kalian bisa mengalami miopi atau rabun jauh sehingga harus memakai kaca mata untuk dapat membantu penglihatan.

Baca juga : Manfaat handphone Yang Belum Banyak Diketahui

Bermain handphone sebelum tidur

Sebuah penelitian mengatakan kebiasaan menggunakan handphone sebelum tidur dapat berdampak pada perubahan waktu biologis tubuh. Apalagi jika bermain HP sambil tiduran atau rebahan.

Perlu diketahui, hampir semua layar elektornik termasuk layar handphone mengeluarkan radiasi cahaya biru. Apa itu ? Cahaya biru adalah jenis cahaya tampak yang memiliki panjang gelombang berkisar antara 400 hingga 450 nanometer. Bahkan, radiasi sinar biru juga ada pada layar monitor komputer.

Dalam penelitiannya menyebutkan bahwa radiasi gelombang sinar biru dapat merangsang produksi hormon kortisol yang mampu membuat otak menjadi lebih aktif. Akibatnya, tubuh menjadi lebih lama terjaga sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengantuk dan bisa tidur.

Kalian mungkin sering atau pernah merasakan notifikasi dari smartphone dapat menarik perhatian meski tubuh sudah terasa lelah.

Paparan radiasi cahaya biru (blue light) dengan intensitas tinggi bisa juga mengakibatkan gangguan penglihatan. Salah satu gejalanya yaitu mata lelah atau otot mata terasa kaku. Bahkan, pada jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada organ mata.

Cara mengatasi mata lelah akibat bermain handphone/laptop terlalu lama

Lalu, bagaimana cara agar mata tetap sehat meski main handphone dalam waktu yang lama ? Berikut ini langkah-langkah dan cara mengatasi mata lelah karena terlalu lama bermain smartphone atau laptop ala Tekno Jempol

  1. Cobalah untuk mengistirahatkan mata setelah menggunakan handphone/smartphone selama 5-15 menit. Kalian bisa melakukan senam mata singkat agar otot mata kalian tetap rileks dan tidak terasa kaku. Selain senam mata, kalian juga dapat melihat lingkungan sekeliling dengan memfokuskan mata pada objek yang jauh.
  2. Jika sudah terlanjur terasa lelah, kalian bisa mencoba mengkompres mata lelah dengan air atau menggunakan teknik palming. Caranya, cukup gosok kedua telapak tangan hingga terasa hangat kemudian tempelkan pada kedua mata. Lakukan cara tersebut hingga mata terasa enteng.
  3. Cara mengobati mata lelah berikutnya yaitu mengedipkan mata sesekali saat tengah melihat layar handphone dan jangan sampai terpaku/terpana. Tujuannya agar bola mata tetap basah dan tidak terasa kaku. Umumnya, pengguna handphone akan fokus terpaku menatap layar karena melihat suatu hal yang "menarik" di dalam handphone-nya. Mungkin, dengan mengurangi tontonan "menarik" di handphone, bisa mencegah mata lelah. :)

Cara mencegah mata lelah akibat sering main handphone

Credit : snec.com.sg
  1. Pertama, pastikan jarak penglihatan antara bola mata dengan layar handphone minimal 30 cm. Saat kalian beraktifitas di depan komputer/laptop, pastikan juga jarak penglihatan dengan layar monitor setidaknya 50 cm
  2. Gunakan handphone dalam posisi tegak dan nyaman. Kurangi kebiasaan menggunakan handphone dalam posisi rebahan atau telalu bungkuk/menunduk
  3. Kurangi kecerahan layar handphone. Layar yang terlalu terang/kontras dapat menyilaukan mata. Sehingga dapat mengurangi kenyamanan mata saat beraktivitas dengan handphone. Tapi, jika kalian menggunakan handphone di luar ruangan (outdoor) waktu siang hari, kecerahan layar yang tinggi mungkin pilihan yang tepat
  4. Pastikan pencahayaan dalam ruangan juga sesuai dengan layar handphone. Hindari menggunakan handphone dan smartphone di ruangan gelap atau tempat yang minim cahaya
  5. Kalian juga dapat menggunakan kacamata anti silau. Kacamata ini bertujuan untuk menghindarkan mata dari paparan cahaya yang terlalu tinggi
  6. Gunakan fitur untuk mengurangi intensitas radiasi gelombang sinar biru. Misalnya, menggunakan tampilan mode gelap (dark mode), mengurangi kecerahan, atau mengaktifkan fitur anti radiasi cahaya biru. Di sini, kalian dapat menginstal aplikasi BlueLight Filter. Aplikasi BlueLight Filter dapat kalian unduh lewat layanan Google Play Store atau link di sini
  7. Kurangi kebiasaan meletakkan handphone di dekat tempat tidur atau bahkan tidur di samping handphone. Hal ini dapat membuat tubuh menjadi mudah terjaga. Kalian mungkin pernah mengalami tidur kurang nyenyak setelah menggunakan ponsel terlalu lama karena otak sudah terbiasa cepat merespon notifikasi, entah getaran atau bunyi pesan, panggilan, dan chat. Hal tersebut tentu berakibat waktu untuk istirahat tubuh juga menjadi berkurang
  8. Last but not least, mulai terapkan pola hidup sehat seperti istirahat cukup, rutin berolahraga, dan makan makanan bergizi terutama buah serta sayuran yang mengandung vitamin A. Hal ini akan membuat mata kalian tetap sehat

Jika tidak sedang memegang handphone, ada banyak hal menyenangkan yang dapat dilakukan. Misalnya berinteraksi dengan orang lain, bermain dengan teman, berkumpul bersama keluarga, berolahraga, melakukan peribadatan, hangout, traveling, dll.

Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan orang lain secara nyata tentu jauh lebih baik ketimbang berjam-jam terpaku menatap layar ponsel. Intinya, kita harus membangun kehidupan personal dan hubungan antar personal yang lebih baik.

Itulah beberapa tips singkat mengenai cara menghindari dan mengatasi mata lelah setelah beraktivitas dengan handphone. Kalian harus tetap bijak dalam menggunakan handphone yang kalian miliki. Gunakan sewajarnya dan jangan terlalu berlebihan.

Menatap layar handphone itu boleh, tapi lebih baik jika menatap masa depan yang cerah :). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar