Skip to main content

Cara Download Video Youtube Dengan Aplikasi Tubemate

Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi Youtube ? Ya! aplikasi berbagi video ini menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Bahkan menurut statistik, dalam satu menit ada jutaan penonton aktif dan ribuan video baru yang diunggah. Kamu mungkin tiap hari tidak pernah melewatkan video-video unik dalam aplikasi Youtube.

Dari sekian video dalam Youtube, mungkin ada beberapa yang ingin kamu simpan sebagai referensi. Misal video tutorial menarik atau bahkan video vlog cewek cantik, ckckck. Untungnya, aplikasi Youtube dalam Android sudah menyertakan fitur download video lewat handphone sehingga kamu dapat mengunduhnya secara langsung.

Kamu juga dapat memutar video tersebut secara offline jadi tidak perlu menghabiskan kuota untuk streaming.

Baca juga : Cara Download Video Youtube di Browser

Sayangnya, video yang sudah diunduh hanya dapat diputar melalui aplikasi Youtube dalam smartphone saja. Selain itu, video tersebut juga tidak dapat ditransfer ke media lain. Hal ini mungkin bertujuan untuk menghindari penyalagunaan hak cipta video. Jika terjadi masalah pada smartphone Android kamu, bukan tidak mungkin video Youtube tersebut dapat hilang.

Cara mengunduh video Youtube dengan aplikasi Tubemate di HP Android

Kalian dapat menggunakan aplikasi Android yang bernama Tubemate. Dengan aplikasi Tubemate, kamu tidak hanya dapat men-download video di Youtube saja, tapi juga menyimpan atau mentransfer ke media lain. Dengan begitu, video-video yang unik dan menarik bisa ditonton pada banyak perangkat seperti PC/Laptop.

Download Tubemate apk terbaru 2022

Sayangnya, aplikasi Tubemate ini tidak tersedia dalam layanan Google Play Store. Oleh karena itu, kamu harus mengunduh file APK secara manual lewat browser seperti Google Chrome, UC Browser, atau Opera. File APK aplikasi Tubemate hanya beberapa MB saja dan yang pasti gratis.

Kamu dapat men-download aplikasi Tubemate terbaru di sini. Setelah itu, jangan lupa untuk menginstal aplikasi tersebut.

Baca juga : Begini Cara Mempercepat Koneksi Internet Dan Proses Download Pada UC Browser

Cara download video Youtube dengan aplikasi Tubemate

  1. Buka aplikasi Tubemate
  2. Secara default, aplikasi Tubemate akan menampilkan halaman web Youtube. FYI (For your information), selain Youtube, Tubemate juga mendukung layanan video sharing lain seperti DailyMotion, Vimeo, Metacafe, dll.
  3. Setelah halaman web Youtube tampil, kamu bisa memilih video-video yang diinginkan. Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi Youtube pada umumnya. Tubemate juga dilengkapi media player untuk memutar video yang dipilih.
  4. Untuk mengunduh video, tap ikon Download (tanda panah ke bawah warna hijau) di bagian atas video
  5. Aplikasi akan menampilkan pilihan resolusi video dan ukuran file video. Semakin tinggi resolusi video, semakin besar ukuran file yang akan diunduh. Pilih resolusi yang menurut kamu tidak terlalu tinggi agar tidak banyak memakan kuota internet.
  6. Selain video, Tubemate juga dapat mengunduh versi audio (suara). Namun, kamu harus menginstal codec audio secara terpisah
  7. Tap tombol Download
  8. Tunggu hingga proses download selesai

Video Youtube yang telah selesai diunduh dapat kamu lihat lewat menu Download List pada aplikasi Tubemate. Video tersebut tersimpan pada folder Video dalam File Manager. Setelah itu, kamu dapat menonton video tersebut secara offline melalui smartphone, PC/laptop atau media lain.

Sebagai catatan, ada beberapa video Youtube yang mungkin tidak dapat diunduh oleh Tubemate. Hal ini disebabkan karena video tersebut telah dilindungi hak cipta.

Baca juga : Begini Cara Hemat Kuota Youtube agar tidak boros

Terakhir, saran dari Tekno Jempol, video Youtube yang diunduh melalui aplikasi Tubemate sebaiknya hanya untuk konsumsi atau referensi pribadi dan tidak untuk bahan komersialisasi. Video yang kamu download mungkin telah terikat hak cipta.

Jika ingin menggunakan untuk kepentingan komersialisasi, sebaiknya meminta izin pada pencipta video tersebut. Patuhi aturan hak cipta, hargai karya kreatif orang lain, dan jauhi pembajakan....!

Semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar