Skip to main content

Cara Menghemat Kuota Internet Pada HP Android

Saat ini, akses internet sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok. Anda yang menggunakan smartphone pasti harus terkoneksi dengan internet agar penggunaannya bisa lebih maksimal. Di Indonesia, layanan akses Internet umumnya dijual dengan sistem kuota bandwidth.

Beberapa penyedia layanan internet (ISP, Internet Service Provider) seperti Telkomsel, Indosat, dan XL juga menyediakan akses internet dengan layanan unlimited meski kadang harus sesuai FUP (Fair Usage Policy).

Layanan akses internet berbasis paket kuota data di Indonesia sangat bervariasi. Penggunaannya juga cukup beragam. Untuk lebih rincinya, kalian bisa membaca artikel yang berjudul Daftar Paket Kuota Data Internet Murah dari Operator Seluler Indonesia.

Sayangnya, biaya kuota bandwidth untuk akses internet di Indonesia masih terasa agak mahal. Apalagi kebanyakan pengguna internet pada smartphone Android sering melakukan berbagai hal seperti browsing, game online, download, video call, live streaming, dll. Hal tersebut tentu sangat membutuhkan kuota internet yang memadai.

Bagi anda yang menggunakan Google Chrome dan UC Browser pada handphone Android, tidak usah khawatir. Kali ini Tekno Jempol akan membeberkan rahasia cara menghemat kuota internet pada kedua browser tersebut agar tidak cepat habis.

Cara menghemat kuota internet di Google Chrome

Google Chrome mobile (HP Android)

Menghemat bandwidth data internet

  1. Buka aplikasi browser Google Chrome pada handphone Android
  2. Buka menu pada sisi kanan atas aplikasi tersebut (ikon tiga titik)
  3. Pilih menu Settings (Pengaturan)
  4. Scroll ke bawah dan cari opsi Lite mode
  5. Pastikan Lite mode pada posisi On

Sebagai informasi, Lite mode adalah fitur pada aplikasi Google Chrome (Android) untuk menghemat penggunaan bandwidth kuota data internet.

Google Chrome pada komputer/laptop

Memasang adblock

Secara default, aplikasi browser Google Chrome (pada komputer desktop/laptop) tidak menyediakan ekstensi atau add-on Adblock. Jika ingin mencoba ekstensi ini, kalian dapat mencarinya lewat halaman web Chrome Web Store.

  1. Buka aplikasi browser Google Chrome pada laptop/komputer desktop
  2. Buka menu pada sisi kanan atas aplikasi tersebut (ikon tiga titik)
  3. Pilih menu More Tools lalu klik Extensions
  4. Akan tampil beberapa ekstensi/add-on yang mungkin sudah terinstal
  5. Pada pojok kiri atas, buka menu Extensions (ikon garis tiga)
  6. Pada bagian bawah, klik link Open Chrome Web Store

Di sana kalian dapat mencari ekstensi tersebut melalui kotak pencarian dengan kata kunci "adblock". Berikut ini pilihan ekstensi Adblock yang dapat digunakan

Untuk menginstallnya sangat mudah. Pilih salah satu ekstensi di atas, kemudian klik tombol Add to Chrome. Browser akan otomatis mengunduh dan memasang ekstensi tersebut. Setelah terinstall, akan muncul ikon Adblock di samping address bar (bagian kanan atas layar).

Sayangnya, beberapa website kadang tidak bisa dibuka jika ekstensi Adblock sedang aktif. Sangat bisa dimaklumi kalau website tersebut harus menggunakan media iklan sebagai sumber pendapatan bagi pengelolanya. Jadi, pemasangan ekstensi Adblock kadang bisa jadi merugikan.

Jika berniat untuk mendukung eksistensi suatu website (termasuk blog Teknologi Jempolan), kalian bisa mempertimbangkan untuk menonaktifkan ekstensi Adblock. Caranya sangat mudah kok, silahkan baca artikel dengan judul Cara mematikan plugin Adblock.

Cara hemat kuota data di UC Browser

  • Pertama, buka aplikasi UC Browser pada smartphone anda
  • Buka menu utama (ikon tiga garis) di tengah bawah layar
  • Tap Settings (pengaturan) di sisi kiri bawah layar
  • Buka submenu Browsing settings (pengaturan browsing)
  • Pada Image Quality, aktifkan Low atau Medium
  • Fungsi Image Quality akan menentukan kualitas gambar yang akan dimuat dalam halaman web. Low atau Medium adalah pilihan yang bijak jika anda ingin menghemat kuota. Sebab gambar yang dimuat tidak terlalu besar sehingga tidak akan membebani bandwidth.
  • Anda juga dapat mengaktifkan fungsi teks saja / Text-only, tapi akan mengganggu kenyamanan browsing karena hanya memuat teks tanpa gambar.
  • Berikutnya, masih dalam submenu Browsing settings (pengaturan browsing)
  • Buka Website Preferences. Website Preferences merupakan aturan untuk membuka halaman beberapa website. Aturan yang dimaksud yaitu Lite, Mobile, dan Desktop. Lite adalah versi paling ringkas yang biasanya hanya terdiri dari teks dan gambar resolusi rendah. Mobile adalah versi lengkap namun sesuai dengan resolusi layar smartphone. Desktop merupakan versi paling lengkap seperti seperti pada komputer.
  • Agar lebih menghemat kuota internet, anda dapat mengaktifkan versi Lite. Selain menghemat kuota, juga dapat mempercepat loading halaman website tersebut.

Mengaktifkan Adblock

Anda pasti paham jika internet kini menjadi media iklan yang sangat ampuh. Banyak website atau blog yang menjadi media pemasangan iklan guna mendatangkan revenue.

Namun, banyak juga website dan blog yang memasang iklan secara berlebihan sehingga cukup mengganggu kenyamanan saat browsing. Oleh karena itu, UC Browser menyediakan fitur Adblock untuk memblokir iklan yang mengganggu. Berikut ini cara mengaktifkan Adblock di UC Browser

  • Pertama, buka aplikasi UC Browser pada smartphone anda
  • Buka menu utama (ikon tiga garis) di tengah bawah layar
  • Tap Settings (pengaturan) di sisi kiri bawah layar
  • Pilih Add-on
  • Buka submenu Adblock
  • Aktifkan Ad-Blocker dan Powerful Ad Blocker

Keuntungan mengaktifkan adblock yaitu browsing lebih nyaman, sebagai cara hemat kuota, mempercepat loading halaman website, dan terhindar dari ancaman situs berbahaya yang biasa disematkan dalam iklan.

Menggunakan Facebook versi Lite

Mungkin anda sering menggunakan Facebook. Untuk itu, UC Browser telah menyediakan fitur untuk mempercepat akses ke media sosial tersebut.

  • Pertama, buka aplikasi UC Browser pada smartphone anda
  • Buka menu utama (ikon tiga garis) di tengah bawah layar
  • Slide untuk membuka menu sebelah kanan
  • Tap Addons/Tools
  • Pilih Facebook
  • Aktifkan Browse Facebook Faster. Ini berfungsi untuk mengaktifkan versi Lite pada halaman Facebook (Facebook hemat data) sehingga tidak memakan banyak bandwidth internet.

Demikian cara menghemat kuota internet saat browsing dengan UC Browser. Jika anda mau mencobanya, dijamin browsing makin lancar dan kuota makin hemat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...

Baca juga artikel terkait :

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar