Skip to main content

3 Cara Mempercepat Download dan Koneksi Internet Pada UC Browser

Anda pasti tidak asing dengan UC Browser kan ? Ya, mobile browser bikinan Alibaba Group ini sudah menjadi aplikasi yang sangat populer bagi pengguna smartphone khususnya di Indonesia. Beragam fitur telah disematkan dalam browser tersebut.

Kinerja UC Browser juga terbilang memuaskan. Para pengguna smartphone Android seharusnya tidak melewatkan aplikasi yang satu ini.

Bagi anda yang hobi browsing lewat smartphone tidak usah kuatir jika tiba-tiba koneksi internet bermasalah. UC Browser telah menyediakan fitur untuk mempercepat download dan akses internet sehingga browsing tetap nyaman.

Jika anda suka download atau mengunduh aplikasi, lagu, dan video, UC Browser juga memiliki cara mempercepat download agar lebih cepat selesai.

Cara mempercepat download dan koneksi internet pada UC Browser Android

Pastikan berada di wilayah yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler

Penting, jika ingin akses internet pada handphone Android lancar, kalian harus berada di area yang terjangkau sinyal jaringan operator seluler. Misalnya di sini Telkomsel, Indosat, XL, atau Smartfren. Bila berada diluar wilayah jangkauan sinyal jaringan operator, bisa dipastikan kalian tidak akan mendapatkan koneksi internet dan bahkan kalian akan kesulitan mendapatkan layanan selular lain dari operator.

Untuk mengetahui jangkauan sinyal operator sangat mudah. Kalian cukup melihat ikon notifikasi sinyal pada OS Android. Jika baris sinyal terlihat penuh atau hampir penuh, berarti smartphone tersebut sudah terjangkau jaringan operator.

Tapi jika baris sinyal terlihat sedikit, ada baiknya kalian pindah ke area yang lebih terbuka seperti halaman, lapangan, atau balkon. Biasanya, sinyal operator lebih mudah ditangkap di area yang tidak banyak penghalang semisal bangunan tinggi, pohon, dan tiang.

Sebaiknya juga kalian menggunakan gadget Android dalam posisi yang tidak banyak bergerak. Tujuannya agar sinyal yang ditangkap lebih stabil sehingga koneksi internetnya lebih bagus. Jika menggunakan smartphone dalam posisi berjalan/berkendara, mungkin sinyal yang kalian dapat akan terasa naik turun dan akses internetnya tidak cukup stabil.

Baca juga : Cara cek sinyal di area tempat tinggal

Tweaking UC Browser

  • Buka aplikasi UC Browser pada smartphone Android
  • Tap menu utama UC Browser (3 garis horizontal di tengah bawah layar)
  • Tap Settings (pengaturan) di sisi kiri bawah
  • Pada pilihan Cloud Boost, pastikan dalam posisi ON
  • Cloud Boost berfungsi untuk mengaktifkan akselerasi cloud yang dapat mempercepat koneksi data dari server ke smartphone
  • Kemudian, masuk ke menu Browsing settings (pengaturan jelajah)
  • Pada pilihan Preload pages, pilih opsi All pages (semua halaman)
  • Preload pages merupakan fungsi untuk loading / memuat halaman web secara otomatis, terutama yang menggunakan pagination. Jika fungsi ini diaktifkan, waktu loading halaman web akan terasa lebih cepat sehingga aktifitas browsing jadi lebih nyaman.
  • Jangan lupa, aktifkan AutoPager
  • Pada Image Quality, pilih Medium. Opsi Medium merupakan pilihan paling pas karena tidak terlalu membebani akses internet/kuota tapi tampilan gambar tetap terlihat jelas. Opsi Low/Text-Only akan mempercepat loading namun tampilan halaman web mungkin tidak nyaman dilihat. Sebaliknya, opsi High akan membuat tampilan gambar menjadi lebih jernih namun akan membebani koneksi.
  • Terakhir, Website preferences/Speed mode. Pada submenu ini, kalian dapat memilih antara versi Lite atau Mobile pada tiap website. Pada versi Lite, tampilan akan menjadi lebih sederhana namun dengan loading yang cepat. Sedangkan versi Mobile, website tampil secara penuh dengan menyesuaikan dengan ukuran layar ponsel.
Baca juga : Cara Mengoptimalkan UC Browser Pada Android

Cara mempercepat unduhan di UC Browser

  • Pertama, buka aplikasi UC Browser pada smartphone anda
  • Tap menu utama UC Browser (3 garis horizontal di tengah bawah layar)
  • Tap Settings (pengaturan) di sisi kiri bawah
  • Pada Cloud Boost, pastikan dalam posisi ON
  • Pilih submenu Download Settings (pengaturan unduhan)
  • Aktifkan Auto Reconnect. Auto Reconnect berfungsi untuk melanjutkan proses download jika terjadi interupsi atau gangguan pada koneksi internet. Namun perlu diingat, fungsi ini hanya akan berguna jika link download bersifat resumable atau dapat dilanjutkan. Jika tidak bersifat resumable, proses download harus diulang dari awal.
Baca juga : Mempercepat akses internet pada HP Android

Cara mendownload video dengan UC Browser

UC Browser (versi Android) saat ini sudah mampu mengunduh video secara langsung. Anda tinggal memutar video yang tampil dalam halaman web. Dalam pemutar video tersebut, akan muncul ikon/tanda anak panah ke bawah (↓). Klik ikon tersebut dan UC Browser akan otomatis mengunduh video yang diputar.

Itulah cara mempercepat koneksi internet dan proses download pada UC Browser. Cukup mudah kan ? Silahkan anda mencoba cara di atas. Dijamin browsing dan download di UC Browser anda jadi wuuussss..

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar