Skip to main content

Cara Mengoptimalkan Google Chrome Flags Pada Android

Google Chrome merupakan salah satu aplikasi web browser paling populer di dunia. Agar kinerja aplikasi Google Chrome lebih optimal, harus dilakukan beberapa langkah tweaking. Langkah ini akan mengubah beberapa pengaturan aplikasi yang tersembunyi.

Apa itu Google Chrome Flags ?

Pengaturan yang dimaksud adalah Google Chrome Flags. Google Chrome Flags adalah pengaturan "tersembunyi" yang digunakan untuk menambah fungsionalitas atau fitur baru dalam browser Google Chrome. Jika pengaturan tersebut dapat diaktifkan dengan baik, tentu akan lebih mengoptimalkan browser Google Chrome.

Di sini, Tekno Jempol akan menjelaskan beberapa pengaturan Google Chrome Flags yang dapat lebih mengoptimalkan browser tersebut. Pengaturan ini sudah terbukti aman dan memberikan efek positif pada browser Google Chrome. Berikut ini penjelasannya.

  1. Pertama, buka browser Google Chrome pada smartphone/handphone Android
  2. Ketik url "chrome://flags" (tanpa tanda petik)
  3. Untuk mengaktifkan salah satu pengaturan flags, tap link Enable. Sebaliknya, untuk menonaktifkan, tap link Disable.
  4. Beberapa pengaturan flags menggunakan menu dop-down. Untuk mengaktifkan, pilih menu Enable.
Baca juga : Cara Mudah Mematikan AdBlock Pada Google Chrome dan Firefox

Pengaturan Google Chrome Flags yang dapat diaktifkan

  • Fast tab/window close : merupakan flags atau pengaturan untuk mempercepat saat membuka tab baru dan menutup tab yang telah selesai digunakan. Saat kita mengakses beberapa website dalam beberap tab, jika salah satu tab ditutup akan membutuhkan waktu. Oleh karena itu, fitur ini layak untuk diaktifkan.
  • Smooth Scrolling : pengaturan untuk menghaluskan proses scroll tampilan. Fitur ini wajib untuk diaktifkan.
  • Enable lazy image loading : Menunda pemuatan gambar yang ditandai dengan atribut 'loading = lazy' hingga halaman di-scroll ke bawah di dekat mereka.
  • Enable spell checking : pengaturan untuk mengaktifkan pemerikasaan ejaan. Fitur ini berguna untuk membantu kita saat mengetikkan kata kunci pencarian
  • Enable Translate : Fitur untuk menerjemahkan konten dalam bahasa tertentu. Dalam hal ini akan menggunakan Google Translate.
  • Heavy Ad intervention : Memblokir iklan yang menggunakan terlalu banyak sumber daya perangkat
  • Custom context menu : fitur untuk mengaktifkan menu context atau popup saat melakukan tap dan hold suatu elemen dalam website. Menu ini berisi pilihan yang dapat dilakukan terkait elemen tersebut, semisal copy paste, membuka link, dan pencarian Google.
  • History entry requires user gesture : Fitur yang akan memperbolehkan history website hanya saat pengguna melakukan interaksi dengan website tersebut.
  • Parallel downloading : Fitur untuk menambah koneksi saat download agar proses unduhan menjadi lebih cepat

PERINGATAN !Beberapa pengaturan Google Chrome Flags masih bersifat experimental atau masih dalam tahap pengujian. kalian mungkin dapat mengaktifkan pengaturan tersebut. Namun, kalian tetap harus berhati-hati. Sebab, jika salah dalam mengaktifkan sebuah pengaturan, bisa jadi akan menyebabkan browser Google Chrome bermasalah.

Saat mengaktifkan suatu pengaturan pada Google Chrome Flags, kita harus merestart ulang aplikasi Google Chrome agar pengaturan tersebut dapat berjalan. Pada bagian bawah tampilan Google Chrome akan muncul tombol Relaunch Now untuk merestart ulang.

Itulah beberapa pengaturan yang dapat diaktifkan dalam Google Chrome Flags. Masih banyak pengaturan yang dapat diaktifkan, khususnya yang bersifat eksperimen. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar