Skip to main content

4 Manfaat Handphone Yang Belum Banyak Diketahui

Saat ini, smartphone atau handphone pintar telah menjadi barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan dengan ponsel pintar ini. Seperti misalnya aktifitas chatting, bermain game, hingga belajar dan bekerja dapat dilakukan dengan memanfaatkan handphone.

Hal ini menjadi manfaat dari handphone dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan, hanya dengan menggunakan satu buah perangkat smartphone dalam genggaman.

Sayangnya, kebanyakan pengguna smartphone hanya menggunakannya untuk aktifitas dalam media sosial saja. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Wajar jika aplikasi media sosial semacam Facebook, Twitter, Instagram, atau Path memiliki pengguna yang cukup banyak dengan rate pemakaian yang sangat tinggi.

Memang, salah satu kegunaan smartphone atau handphone yaitu memudahkan akses internet. Sebenarnya, ponsel pintar juga dapat memberikan keuntungan yang lebih dari hanya sekedar untuk aktifitas browsing atau bermain media sosial. Khususnya untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan memanfaatkan smartphone dengan baik dan bijak, kita dapat meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan atau belajar. Kali ini, Tekno Jempol akan membahas manfaat handphone yang belum banyak diketahui khususnya untuk dapat memaksimalkan penggunaan smartphone dalam bekerja atau belajar.

Kalender & agenda

Mengatur Jadwal Kegiatan

Salah satu manfaat dari handphone adalah untuk membuat jadwal agenda atau acara kegiatan. Untuk kalian yang punya segudang kesibukan atau jadwal yang padat, memanfaatkan aplikasi kalender pada smartphone bisa jadi solusi ampuh. Kita dapat membuat jadwal kegiatan sehari-hari, membuat alarm atau pengingat, dan membuat jadwal bersama.

Beberapa aplikasi kalender juga dapat digunakan untuk sharing jadwal. Jadwal cukup dimasukkan oleh seseorang, banyak orang dapat mengetahuinya. Ini sangat bermanfaat untuk mereka yang beraktifitas secara kelompok semisal dalam perkuliahan.

Ketua kelas dapat memasukkan jadwal ujian atau info dosen tidak masuk, maka kalender anggota kelas dapat mensinkronkan dengan info tersebut. Satu hal yang sering terlupakan dalam aplikasi kalender yaitu fitur Reminder atau Alarm.

Banyak orang yang lupa untuk mengatur pengingat jadwal acaranya. Akibatnya, tidak sedikit orang yang terlambat, tidak tahu, atau bahkan terlupakan jika ada acara penting.

Memudahkan Pembayaran

Emerson Alecrim, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons

Salah satu teknologi wireless/nirkabel yang disematkan dalam ponsel pintar yaitu NFC (Near Field Communication). Secara sederhana, NFC merupakan teknologi untuk menyambungkan antar perangkat secara nirkabel, serupa dengan bluetooth dan infrared.

Selain untuk konektivitas, kegunaan NFC pada handphone juga dikembangkan untuk layanan micropayment. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan transaksi keuangan hanya dengan menggunakan ponsel pintar. Tentu saja, ponsel tersebut harus terhubung layanan perbankan/jasa keuangan.

Untuk lebih jelas mengenai kegunaan NFC, kalian dapat membacanya pada artikel dengan judul Tren NFC pada HP yang Makin Populer

Sinkronisasi dan Backup Data

Kegunaan HP dalam kehidupan sehari-hari lainnya yaitu sebagai media data Cloud. Cloud merupakan aplikasi untuk menghubungkan dengan layanan media penyimpanan secara online. Aplikasi media penyimpanan cloud yang umum digunakan biasanya DropBox, Google Drive, iCloud, dll.

Salah satu manfaat dari cloud adalah untuk backup data. Namun, kebanyakan pengguna smartphone menggunakan fitur cloud untuk membackup foto dari ponsel mereka. Selain backup data, masih ada kegunaan lain dari fitur cloud yang tentu dapat mengoptimalkan pekerjaan kita

Sinkronisasi data

Dengan menyimpan data dalam media cloud, mobilitas data menjadi sangat tinggi. Data kita dapat diakses di berbagai tempat dan perangkat. Data yang tersimpan juga relatif aman sehingga kita tidak perlu khawatir jika kita kehilangan data.

Layanan Cloud. Credit : idcloudhost.com

Backup data

Backup adalah kebutuhan penting untuk kalian yang sering beraktivitas dengan banyak data. Backup data dapat juga dilakukan secara konvensional seperti menggunakan hard disk, flash drive, CD/DVD, atau kartu memori.

Namun cara seperti ini cukup rentan karena perangkat tersebut mudah rusak atau hilang. Dengan adanya media cloud, data kita menjadi lebih aman dan mudah diakses cukup dengan koneksi internet.

Mobilitas tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data dalam media cloud menjadi lebih mudah diakses. Jika tidak ada PC atau laptop, data dapat diakses dengan menggunakan ponsel pintar. Data juga dapat diedit bersama sehingga sinkronisasi menjadi lebih optimal.

Alat Bantu Presentasi

Pernahkah kalian melakukan presentasi sendirian di depan ? Agak ribet jika harus presentasi sambil mengoperasikan laptop ? Kini telah banyak aplikasi yang dapat membantu kalian untuk presentasi dengan mudah. Aplikasi tersebut dapat menghubungkan smartphone dengan laptop sehingga kalian cukup menggunakannya untuk mengganti atau memberikan highlight pada slide.

Itulah beberapa manfaat handphone atau smartphone yang belum banyak digunakan. Kalian yang sering menggunakan ponsel pintar dapat share manfaatnya yang lain pada kotak komentar di bawah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba...

Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar