Skip to main content

Mengenal Shell Script Pada Linux

Pada bagian ini anda akan belajar menuliskan sebuah skrip yang sekedar menampilkan pesan "Halo dunia". Gunakan Text Editor dan buat file teks bernama pertama.sh seperti di bawah ini:

#!/bin/bash
# Nama file skrip: pertama.sh
# Skrip ini menampilkan teks menggunakan perintah echo
echo Halo dunia # mencetak teks Halo dunia

Baris pertama memberitahukan sistem Linux bahwa file akan dieksekusi oleh program bernama /bin/bash. Ini merupakan lokasi standard dari Bash shell script pada Linux. Shell script adalah sejumlah baris kode untuk menjalankan suatu aksi atau perintah tertentu pada shell Linux.

Pada beberapa distribusi Linux, ada perintah /bin/sh yang merupakan link simbolik ke bash.

Baris pertama dari setiap skrip harus dan hanya mencantumkan

“#!/bin/bash” atau “#!/bin/sh”.

Baris kedua dimulai dengan simbol khusus, #. Ini menandakan baris tersebut sebagai suatu komentar. Shell akan mengabaikannya, tidak memroses komentar tersebut. Satu-satunya pengecualian adalah simbol #! yang diletakkan di baris pertama dari file skrip – seperti pada contoh di atas.

Ini adalah direktif khusus. Jika anda terbiasa dengan Perl, tentu telah menjumpai adanya #!/usr/bin/perl pada baris pertama setiap skrip Perl untuk memberitahukan shell interaktif bahwa program tersebut akan dieksekusi oleh Perl.

Baca juga : Mempelajari Shell Interaktif Pada Sistem Operasi Linux

Pada pemrograman shell Bash adalah #!/bin/sh. Baris ketiga menjalankan suatu perintah echo dengan dua parameter atau argumen – pertama adalah "Halo" dan kedua adalah "dunia". Perintah echo akan secara otomatis meletakkan spasi tunggal di antara parameter-parameternya. Simbol # menandakan komentar.

Karakter # dan apapun yang mengikutinya, pada baris yang sama, diabaikan oleh shell. Sekarang jalankan chmod 755 pertama.sh atau (chmod +x pertama.sh) untuk membuat file teks executable dan jalankan skrip dengan ./pertama.sh. Pada jendela shell (terminal) terlihat sebagai berikut:

$ chmod 755 pertama.sh
$ ./pertama.sh
Halo dunia

Perintah echo

Apakah hanya untuk menampilkan dua kata tersebut kita harus menulis skrip? TIDAK. Anda dapat menggunakan shell interaktif untuk memperoleh hasil yang sama. Tuliskan langsung perintah echo Halo dunia di shell dan perhatikan luarannya:

$ echo Halo dunia
Halo dunia

Sekarang buat sedikit perubahan. Pertama, ingat bahwa echo meletakkan SATU spasi antara parameter-parameternya. Tempatkan beberapa spasi antara teks "Halo" dan "dunia". Hasil seperti apa yang diharapkan? Bagaimana jika anda meletakkan karakter TAB di antaran dua kata tersebut?

Bagaimana luaran dari perubahan tersebut? Output skrip sama persis dengan sebelumnya. Kita memanggil program echo dengan dua argumen; echo tidak menghiraukan berapa pun jumlah spasi di antaranya. Sekarang, coba ubah lagi skrip tersebut menjadi:

#!/bin/sh
# Ini baris komentar!
echo "Halo dunia" # Ini juga komentar

Kali ini spasi yang ditambahkan tampil sebagai output. Mengapa? Karena echo dipanggil dengan hanya SATU argumen yang diapit oleh petik ganda “Halo dunia”.

Tampilan di layar tepat sama dengan yang dituliskan dalam skrip. Perlu dipahami bahwa shell mem-parse argumen SEBELUM melewatkannya ke program yang dipanggil. Shell menghilangkan tanda petik dan melewatkan string tersebut sebagai satu argumen. Contoh kedua, masih berkaitan dengan perintah echo. Tulis skrip berikut. Perkirakan luarannya sebelum menjalankannya:

#!/bin/sh
# Nama file skrip: kedua.sh
# Apa yang dihasilkan skrip ini?
echo "Halo dunia " # mencetak teks Halo dunia
echo "Halo dunia "
echo "Halo * dunia "
echo Halo * dunia
echo Halo dunia
echo "Halo" dunia
echo Halo " " dunia
echo "Halo \"*\" dunia "
echo `halo` dunia
echo 'hello' dunia

Apakah luarannya sesuai yang diharapkan? Jika tidak, jangan khawatir! Ini hanya beberapa hal yang akan dibahas pada bagian-bagian lanjut dalam panduan ini. Dan tentu anda akan belajar perintah-perintah lain yang lebih powerful daripada echo.

Program skrip sederhana untuk menampilkan daftar file yang ada di dalam direktori aktif!

  1. Buka terminal
  2. ketik nano
  3. ketikkan skrip seperti gambar di bawah
  4. simpan dengan sembarang nama pada direktori home. Berikan ekstensi .sh . Kemudian lakukan perintah seperti gambar di bawah.
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda ? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Tulis komentar