Skip to main content

Cara Untuk Menyembunyikan File Atau Folder Supaya Aman

Cara Untuk Menyembunyikan File Atau Folder Supaya Aman

Saat ini, banyak data pribadi dan penting berbentuk file yang tersimpan dalam folder di komputer desktop, laptop, atau ponsel. Jika tidak diberikan pengamanan yang baik, file data tersebut dapat terhapus atau dimanfaatkan oleh orang jahat.

Salah satu cara untuk mengamankan sebuah data yaitu dengan menyembunyikan agar dapat diamankan dari penggunaan yang tidak berhak.Ada banyak cara untuk menyembunyikan file atau folder pada laptop, PC desktop, serta HP. Berikut ini di antaranya

Menyembunyikan file pada HP Android

Barang kali, kalian punya foto atau video pribadi yang tersimpan dalam ponsel Android. Jika tidak diamankan dengan benar, bukan tidak mungkin foto atau video tersebut akan dilihat orang lain dan bahkan tersebar. Berikut ini cara menyembunyikan file dalam HP Android

  1. Buka aplikasi File explorer atau File manager
  2. Cari file yang akan disembunyikan
  3. Tap file tersebut agak lama
  4. Pilih options (ikon titik tiga)
  5. Pilih Rename
  6. Tambahkan titik (.) di depan nama file tersebut
  7. Tap tombol OK

Foto atau video yang tersembunyi tidak akan tampil dalam galeri ponsel Android. Cara menampilkan file yang tersembunyi juga cukup mudah. Buka pengaturan aplikasi File explorer atau file manager kemudian aktifkan opsi Show hidden files.

Menyembunyikan file atau folder dalam laptop & PC desktop

Kalian pasti ingin menjaga privasi data di laptop, kan? Tekno Jempol siap memberi kalian solusi keren untuk menyembunyikan file dengan gaya modern! Ini bukan cuma soal klik sana-sini, tapi juga melibatkan trik-trik cerdas yang bikin file kalian jadi lebih aman. Yuk, simak langkah-langkahnya:

Menggunakan nama file yang tidak dicurigai

Tahukah kalian? Ada cara menyembunyikan file dengan trik sederhana menggunakan nama file yang nggak mencurigakan? Tekno Jempol bakal membocorkan cara jitu ini, jadi simak baik-baik!

  • Pilih Nama yang Biasa. Ganti nama file dengan kata-kata yang sering dipakai sehari-hari, seperti resep_masakan.docx atau catatan_belajar.pdf. Ini membuat file kalian tampak seperti file biasa pada pandangan pertama.
  • Nama Folder. Kalau kalian menyimpan beberapa file dalam satu folder, beri nama folder dengan judul yang tidak menarik perhatian, misalnya Arsip Proyek atau Foto Liburan.
  • Ekstensi Umum. Pilih ekstensi file yang sering digunakan, seperti .docx untuk dokumen atau .jpg untuk gambar. Ini bikin file jadi lebih tersembunyi di tengah tumpukan data.
  • Nama dengan Angka atau Tanggal. Tambahkan angka atau tanggal dalam nama file. Misalnya, RencanaBisnis2023.pptx atau LaporanKeuanganQ2.docx. Nggak ada yang bakal curiga!
  • Campuran Kata. Gabungkan beberapa kata yang umum, seperti RencanaProyekVendor.docx. Ini bikin nama file jadi lebih rapi tapi tetap tidak mencurigakan.

Nggak perlu jadi jenius komputer buat menyembunyikan file dengan cerdik. Dengan trik menggunakan nama file yang tidak mencurigakan ini, kalian bisa melindungi data pribadi dengan mudah.

Cara untuk menyembunyikan file paling mudah

Dalam sistem operasi Windows, sudah ada fitur untuk menyembunyikan file yaitu hidden file. Dengan cara ini, kalian dapat menyembunyikan data tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini langkah-langkahnya

  1. Pertama, buka aplikasi File Explorer.
  2. Cari file atau folder yang akan disembunyikan
  3. Klik kanan file atau folder tersebut
  4. Pilih Properties
  5. Berikan tanda centang pada Hidden
  6. Klik tombol Apply dan OK
  7. Jika menyembunyikan folder, akan ada kotak dialog konfirmasi perubahan atribut. Pilih Apply changes to this folder, subfolder, and files

Namun, fitur ini sangat rentan karena pengaturan hidden file bersifat menyeluruh. Artinya, jika kalian membuka pengaturan tersebut, maka semua file yang tersembunyi akan otomatis terbuka. Cara membuka atau menampilkan file/folder yang ter hidden juga sangat mudah

  1. Buka File Explorer
  2. Buka tab View kemudian pilih Options
  3. Buka tab View dalam kotak Folder Options
  4. Pada kotak Advanced settings, klik opsi Show hidden files, folders, dan drive
  5. Klik tombol Apply dan OK

Cara menyembunyikan file atau folder dalam gambar

Disini ada satu trik untuk menyembunyikan file yang cukup ampuh karena data ini disembunyikan di dalam gambar. Sehingga meskipun fitur hidden file terbuka, data tersebut tetap akan tersembunyi.

Tips menyembunyikan file ini menggunakan aplikasi Command Prompt (CMD) dan WinRAR. Untuk menyembunyikan file dalam gambar, kita memerlukan aplikasi WinRAR*) untuk mengkompres data yang akan disembunyikan. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Siapkan data yang akan disembunyikan dan sebuah file gambar
  2. Kompres data tersebut dengan WinRAR*) dan tempatkan pada satu folder dengan gambar yang telah disiapkan
  3. Buka Command Prompt dan arahkan ke direktori tempat data dan gambar tadi
  4. Ketikkan sintaks
    copy /b <nama_data>+<nama_gambar> <nama_gambar_hasil>
  5. Setelah itu, akan keluar file gambar+data rahasia

Sekilas tidak akan ada bedanya dengan file gambar kecuali ukuran file-nya yang bertambah besar. Kalian tetap bisa membuka file tersebut dengan aplikasi Picture Editor atau Image Viewer. Tidak ada tanda-tanda bahwa sebenarnya ada sebuah file rahasia didalamnya. Bagaimana cara membuka file data tersebut?

  1. Klik kanan pada file gambar+data rahasia lalu pilihlah [Open With] –> [Choose Program..].
  2. Pilihlah WinRAR*) lalu klik [OK]
  3. Kita akan bisa melihat file data rahasia dan bisa mengekstrak seperti biasanya

*) Kalian juga bisa menggunakan aplikasi kompresor seperti WinZIP atau 7ZIP.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan file dengan mudah

Ketika berbicara soal menyembunyikan file, jangan sampai lewatkan trik keren ini: menggunakan aplikasi pihak ketiga! Tekno Jempol akan membahas dengan detil cara menggunakan aplikasi ini untuk melindungi data kalian dengan lebih canggih.

  1. Cari aplikasi terpercaya seperti My Lockbox atau Wise Folder Hider. Pastikan aplikasi tersebut memiliki reputasi baik dan ulasan positif dari pengguna lain
  2. Kalian bisa mengunduh aplikasi dari situs resminya atau toko aplikasi. Setelah unduh selesai, jalankan proses instalasi seperti biasa.
  3. Buka aplikasi dan pilih file atau folder yang ingin kalian sembunyikan. Biasanya, aplikasi ini akan memberikan opsi untuk mengunci atau menyembunyikan file tersebut.
  4. Beberapa aplikasi memungkinkan kalian untuk menambahkan sandi atau kunci tambahan untuk melindungi file yang disembunyikan. Pastikan kalian menggunakan sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak.
  5. Setelah file atau folder telah ditambahkan dan diatur, pilih opsi untuk menyembunyikannya. Aplikasi ini akan mengatur file tersebut sehingga tidak lagi terlihat di tempat yang biasa.
  6. Jika ingin mengakses kembali file yang disembunyikan, cukup buka aplikasi dan masukkan sandi atau kunci yang kalian buat sebelumnya.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah cara praktis untuk menyembunyikan file tanpa perlu pusing memikirkan metode teknis. Namun, pastikan kalian memilih aplikasi yang terpercaya dan aman untuk digunakan. Dengan teknologi yang semakin canggih, aplikasi semacam ini menjadi sahabat penting untuk menjaga privasi kalian.

Demikian cara menyimpan dan menyembunyikan file atau folder pada HP Android, PC atau laptop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat...!

Baca juga artikel terkait:

Mau pasang iklan di sini?
Mau pasang iklan di sini?
Apakah kalian punya pengalaman atau pendapat yang berbeda? Tuliskan lewat kotak komentar di bawah. Usahakan sesuai topik artikel ini.
Buka Komentar